Legenda bulutangkis jadi pembawa obor pertama Asian Games 2018

Kamis, 12 Juli 2018 19:19 Sumber :
Legenda bulutangkis jadi pembawa obor pertama Asian Games 2018 Erick Thohir dan Herty Purba (c) Fitri Apriani

Merdeka.com - Legenda bulutangkis Indonesia, Susi Susanti didapuk sebagai pelari pertama pembawa kirab obor Asian Games 2018. Sejumlah mantan atlet nasional juga bakal turut meramaikan, diantaranya Taufik Hidayat, Yustedjo Tarik dan atlet cabang olahraga lainnya.

Kirab obor akan dimulai dari negara pertama yang menggelar Asian Games, yakni New Delhi, India. Obor kemudian bakal diterima di Yogyakarta pada 18 Juli dan dibawa keliling ke 54 kota dan 18 provinsi dengan kurang lebih 18 ribu km. Terakhir, obor akan diterima Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Istana Negara pada 18 Agustus.

Direktur Pembukaan dan Penutupan Asian Games 2018, Herty Purba mengatakan, sejauh ini sudah ada 40 atlet yang akan ikut meramaikan kirab obor. Dia pun menjelaskan alasan memilih sejumlah atlet karena melihat dari prestasi yang telah diberikan untuk Tanah Air.

"Pelari pertama di Yogyakarta ada beberapa mantan atlet legenda nasional. Susi Susanty akan menjadi pelari pertama yang akan start di Tugu, bersama beberapa pelatih daerah. Tapi untuk siapa pelari terakhir masih rahasia, yang jelas kami harap semua atlet berperan di masing-masing daerah untuk mendukung Asian Games," ujar Herty, Kamis (12/7).

Herty menambahkan, kegiatan kirab obor tersebut diharapkan bisa menularkan demam Asian Games kepada seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu juga bisa mengenalkan kota-kota bersejarah dan pariwisata kepada seluruh dunia.

"Kami mau menujukkan kepada dunia, bahwa kita memiliki banyak sejarah, budaya, pariwisata tapi terwujud dalam satu kesatuan mindset ini yang kami mau tunjukkan ke dunia," katanya.

Nantinya, masing-masing kota akan melibatkan 20 pelari di setiap kirab obor. Total, bakal ada 819 pelari yang terdiri dari atlet/mantan atlet, atlet daerah, tokoh-tokoh nasional dan juga artis. Setiap pelari nantinya akan membawa obor sejauh 500 meter hingga 2 kilometer.

(fit/asa)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Sumber: Bola.net

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini