'Koleksi' 27 kecelakaan, ini tanggapan Marc Marquez

Selasa, 14 November 2017 15:46 Sumber :
Marc Marquez (c) AFP

Merdeka.com - Dalam meraih gelar dunia MotoGP tahun ini, perjuangan Marc Marquez tak bisa dibilang mudah. Salah satu buktinya adalah 27 kecelakaan yang ia "koleksi" sepanjang musim. Marquez pun menyatakan bahwa kecelakaan-kecelakaan ini terjadi karena ia berusaha keras mencapai limit performanya.

Uniknya, semua kecelakaan ini sama sekali tak menghadirkan cedera bagi rider berusia 24 tahun tersebut. Berkat hal ini, Marquez pun dinilai merupakan salah satu rider paling fit di MotoGP. Marquez juga menyatakan bahwa kecelakaan-kecelakaan ini justru memberinya pelajaran di setiap pekan balap.

"Dalam latihan, saya mengalami banyak kecelakaan tapi saya belajar suatu hal dan kecelakaan itu semuanya aman. Saya terjatuh 27 kali, namun nyaris jatuh mungkin 50 kali! Entah bagaimana cara menjelaskannya, tapi kecelakaan-kecelakaan ini membuat saya merasakan sesuatu," ujarnya kepada Crash.net.

"Saya bisa memahami banyak hal dari kecelakaan-kecelakaan ini. Tentu saya ingin lebih baik di masa depan, mencoba bertahan di level yang sama tapi lebih aman. Awal musim ini begitu berat, jadi saya berusaha mengubah mentalitas dan hanya cukup finis," tuturnya.

Marquez pun membantah bahwa karakter mesin big bang baru yang diturunkan Honda musim ini adalah penyebabnya kerap terjatuh. Menurutnya, mesin ini justru impresif, mengingat belum pernah digunakan di MotoGP di musim-musim sebelumnya, dan justru langsung mengantarnya merebut gelar.

"Ini normal, dan kami semakin memahami banyak hal. Kecelakaan saya tak ada kaitannya dengan mesin, tapi jelas jika Anda punya tenaga lebih, maka Anda bisa lebih lamban di tikungan. Honda bekerja sangat keras pada mesin dan sasis, mencoba lebih cepat dan lebih baik setiap tahun," pungkasnya. (cn/kny)

Topik berita Terkait:
  1. MotoGP
  2. Marc Marquez

Sumber: Bola.net
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.