Kabar gembira, pebalap Tour de Siak tahun ini bakal dapat poin dari UCI

Rabu, 19 September 2018 14:09 Reporter : Iwan Tantomi
Kabar gembira, pebalap Tour de Siak tahun ini bakal dapat poin dari UCI Tour De Siak 2018 ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Mulai tahun ini, pembalap yang akan mengikuti even balap sepeda Tour de Siak (TdS) akan mendapat poin dari United Cycling International (UCI). Hal ini karena penyelenggaraan TdS kali ini sudah masuk kalender UCI.

Kabar gembira itu pun disampaikan langsung oleh ketua panitia penyelenggara TdS, Fauzi Asni. Ia menjelaskannya saat acara press conference di Gedung Mahratu Siak bersama sejumlah wartawan, Senin (17/9/18) sore.

"Mulai tahun ini, atau penyelenggara Tour de Siak ke-6, setiap pebalap akan dihitung poinnya, karena mulai tahun ini event Tour de Siak sudah masuk kalender UCI, artinya kita sudah masuk agenda resmi UCI," kata Fauzi Asni.

Fauzi juga mengatakan apabila anggaran penyelenggaraan event tahunan ini tidak mendapatkan bantuan dari Kementerian Pariwisata pada 2018. Hal ini berbeda dari tahun sebelumnya, pemerintah membantu acara tersebut.

"Tahun ini, anggaran event Tour de Siak berasal dari APBD Siak dan pihak sponsor, berbeda dari tahun lalu, Kementerian Pariwisata ikut membantu dalam bidang promosi," kata Fauzi.

Sebanyak 13 tim yang terdiri dari 16 negara akan mengambil bagian dalam event balap sepeda Tour de Siak (TdS) 2018, yang akan diselenggarakan 17-21 September ini di Kota Siak Sri Indrapura. Dari 13 tim, sembilan di antaranya berasal dari luar negeri, sementara sisanya merupakan tim lokal dari berbagai daerah di Indonesia.

Sembilan tim luar negeri yang ikut ambil bagian antara lain, Terengganu Cycling Team Malaysia, NEX CCN Philipina, Pro Cycling Team Kamboja, Seven Eleven Philipina, St. George Continental Cycling Team Australia, Kuman Cycling Team Jepang, Go For Gold Philipina, Nice Ethiopia Cycling Team Ethiopia dan Sakura Cycling Team Malaysia.

Sementara untuk tim lokal, Advance Custom Cycling, Perusahaan Gas Negara (PGN), Road Cycling Team, KFC Cycling Team dan Bumi Siak Pusako (BSP).

Adapun negara peserta yang akan bertarung untuk memperebutkan hadiah dengan total ratusan juta Rupiah adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Kamboja, Jepang, Australia, New Zealand, Thailand, Spanyol, Belanda, Perancis, Swiss, Malta, Jerman, Ethiopia dan Eritrea.

Pada Tour de Siak 2018, peserta akan melakukan perlombaan sebanyak 4 etape, yakni etape I Siak-Dayun 154,12 km, etape II Siak-Sungai Apit 115,41 km, etape III Siak-Koto Gasib 161,48 km dan etae IV Siak City Race 92,1 km.

Sementara itu, rangkaian TdS 2018 pagi tadi sudah dimulai dengan menyelenggarakan Fun Bike. Kegiatan tersebut dihadiri hingga 2000 peserta. Acara Fun Bike dibuka langsung Bupati Siak, H Syamsuar di depan Istana Siak. Setelah Fun Bike digelar, acara dilanjutkan dengan pembagian doorprize dengan hadiah utama sebuah unit sepeda motor dari panitia. [tmi]

Topik berita Terkait:
  1. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini