Hobi Main Badminton? Begini Cara Pilih Sepatu yang Tepat Biar Bebas Cedera

Sabtu, 30 Juli 2022 21:37 Reporter : Iwan Tantomi
Hobi Main Badminton? Begini Cara Pilih Sepatu yang Tepat Biar Bebas Cedera ©Shutterstock.com

Merdeka.com - Boleh dibilang badminton atau bulu tangkis menjadi salah satu olahraga yang populer di Indonesia. Apalagi beberapa tahun terakhir, atlet bulu tangkis Indonesia amat membanggakan.

Setidaknya di setiap turnamen bulu tangkis bergengsi dunia, selalu sukses menghadirkan pemenang sebagai perwakilan dari Indonesia. Terlebih lagi, atlet badminton Indonesia juga relatif muda-muda.

Hal tersebut tentunya menjadi daya tarik sendiri bagi anak muda lainnya. Bukan saja untuk memberikan dukungan, baik langsung maupun lewat media sosial, tetapi juga dengan ikut menjadikan badminton ini sebagai olahraga favorit dalam keseharian.

Apabila lagi suka main badminton beberapa waktu terakhir ini, jangan lupa untuk memilih sepatu bulu tangkis yang tepat. Tujuannya agar kaki bisa tak mudah cedera saat bermain. Berikut beberapa tips pentingnya!

2 dari 6 halaman

Jangan Menggunakan Sepatu Lari

sepatu lariShutterstock.com

Beberapa pemain badminton pemula kerap terlihat menggunakan sepatu apa adanya kala bermain. Paling sering terlihat menggunakan sepatu lari, karena joging juga menjadi hobi yang banyak diminati belakangan ini.

Sekilas memang tampak tak masalah, padahal hal tersebut berisiko menyebabkan kaki cedera jika dilakukan secara terus menerus. Ini karena bulu tangkis olahraga yang mengandalkan kelincahan dan kecepatan dalam bergerak.

Sepatu bulu tangkis didesain sedemikian rupa untuk meningkatkan gerakan lateral dengan kecepatan tinggi. Tentu saja gerakan ini tak bisa dihasilkan secara maksimal dengan sepatu lari. Sebab, sepatu lari lebih mengutamakan gerakan ke depan dan ke belakang.

3 dari 6 halaman

Pastikan Sepatu Badminton Dilengkapi Sol Khusus

badminton dilengkapi sol khususShutterstock.com

Sama halnya sepatu sepak bola yang dirancang khusus sesuai kebutuhan dan lapangan bermainnya, sepatu bulu tangkis juga dibuat dengan kriteria tertentu. Selain untuk mendukung gerakan lateral, juga untuk mempermudah melakukan beragam gerakan manuver, termasuk yang sulit-sulit.

Pastikan sepatu badminton ini dilengkapi sol khusus. Keberadaan sol khusus ini untuk menahan gesekan dengan permukaan lapangan yang keras. Terlebih gesekan ini akan terus menerus terjadi selama pertandingan.

Dengan adanya sol khusus ini, risiko mengalami cedera saat bermain bulu tangkis bisa dihindari. Selain itu, dengan menggunakan sepatu yang memang dirancang khusus untuk badminton, bermain bulu tangkis pun jadi lebih fokus dan percaya diri.

4 dari 6 halaman

Sepatu Badminton yang Bagus Punya Permukaan Tapak Rata

yang bagus punya permukaan tapak rataShutterstock.com

Kecermatan lainnya yang harus diperhatikan dalam memilih sepatu badminton adalah bagian permukaan tapaknya. Pastikan bagian tersebut rata dengan bentuk radial.

Fungsinya untuk memudahkan pergerakan saat bermain bulu tangkis dengan tempo cepat, baik itu pergerakan maju, mundur, kanan, maupun kiri. Bagaimanapun gerakan badminton ini sangat dinamis, sehingga pemilihan sepatu yang tepat wajib dipertimbangkan.

Selain itu, pastikan pula bahannya dari karet, agar sepatu tidak licin saat digunakan. Dengan bahan karet ini, sepatu mampu mencengkeram lantai lebih kuat dan punya fleksibilitas tinggi ketika dipakai.

5 dari 6 halaman

Tentukan Tipe Sepatu Badminton yang Tepat

sepatu badminton yang tepatShutterstock.com

Sepatu badminton sebaiknya ringan, agar tidak membebani tubuh saat melakukan beragam gerakan. Jika ingin gerakan cepat dan lincah, maka bisa memilih sepatu bulu tangkis bertipe Speed.

Tipe tersebut memiliki dua karakter utama, yaitu Ignite dan Lightweight. Ignite artinya sepatu ini punya lapisan bantalan yang tebal, sehingga mampu menyerap beban yang diterima kaki saat bergerak. Dengan begitu, kaki bisa lebih tangkas saat menyiapkan gerakan berikutnya.

Sedangkan Lightweight ini merujuk pada busa insole yang ringan. Tujuannya agar tidak menambah beban pada kaki. Hasilnya, pergerakan kecepatan kaki pun bisa ditambah.

6 dari 6 halaman

Pilih Ukuran Sepatu Badminton yang Pas di Kaki

sepatu badminton yang pas di kakiShutterstock.com

Demi kenyamanan, memilih sepatu badminton dengan ukuran yang pas di kaki amatlah disarankan. Selain itu, perhatikan lengkungan kaki. Jika lengkungannya rendah, maka sebaiknya pilih sepatu dengan bantalan yang tidak terlalu tinggi.

Namun, jika lengkung kaki ternyata tinggi, sebaiknya memilih sepatu dengan bantalan lebih tebal. Di samping itu, hindari menggunakan sepatu badminton dengan sol hitam, agar tidak meninggalkan jejak saat digunakan di lapangan.

Tidak kalah penting, gunakan sepatu badminton ini hanya untuk bermain bulu tangkis, bukan olahraga lain. Tujuannya tentu saja agar lebih awet. Lagi pula menggunakan sepatu badminton untuk olahraga lain, hanya akan membuat kaki mengalami cedera.

[tmi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini