Gagal dapat tim F1, Kobayashi stop donasi fans

Selasa, 18 Desember 2012 18:36 Sumber :
Gagal dapat tim F1, Kobayashi stop donasi fans Kamui Kobayashi (c) AFP

Merdeka.com - Kamui Kobayashi baru-baru ini mengeluarkan pernyataan resmi untuk para penggemarnya demi menjelaskan bahwa dirinya tidak akan bisa mendapatkan tempat di Formula 1 tahun depan. Ia pun memutuskan untuk fokus kembali pada tahun 2014 mendatang.

Setelah terdepak dari tim Sauber akhir musim ini, pebalap asal Jepang tersebut tak memiliki tim untuk musim depan dikarenakan tak mampu membayar biaya balap. Kobayashi mengaku bahwa ia harus menyiapkan dana setidaknya sebesar 8 juta euro (Rp 101,6 milyar) untuk membalap di F1.

Para penggemar pebalap berusia 26 tahun tersebut pun menggalang donasi agar Kobayashi bisa kembali membalap di F1. Mereka telah terhitung mengumpulkan dana sebesar 6 juta poundsterling (Rp 93,9 miliyar), namun jumlah tersebut masih belum cukup.

Berikut pernyataan resmi dari Kobayashi:

Untuk para penggemar, terima kasih atas dukungan besar kalian. Saya sangat menghargai donasi yang kalian telah berikan. Saya harus mengatakan ini. Sejak donasi tersebut dimulai, hal ini menjadi berita besar di Jepang. Berkat kalian, banyak perusahaan besar Jepang yang terpengaruh. Saya pun mulai mendapat dukungan dari mereka.

Saya harus memberikan biaya setidaknya sebesar 8 juta euro. Jika kalian bisa membayangkan, sejatinya terdapat reaksi mengejutkan. Hal ini menunjukkan bahwa masih ada potensi bagi perusahaan Jepang. Sayangnya, waktu kami terlalu singkat. Saya pun tak bisa mempertahankan tempat di tim F1 yang kompetitif. Saya harus mengaku bahwa saya sangat sedih dan saya sangat menyesal untuk para penggemar serta perusahaan Jepang yang telah mendukung saya. Namun saya yakin bisa kembali pada tahun 2014.

Kini saya ingin menghentikan donasi kalian. Sementara saya menyimpannya untuk musim 2014, saya akan mencoba mencari pilihan terbaik untuk 2013 dan 2014. Prioritas utama saya adalah mendapatkan tempat di F1 2014. Saya tidak tertarik untuk membalap di kategori balap lain. Saya akan membuat sebuah pengumuman sesegera mungkin mengenai keputusan apa yang akan saya ambil untuk tahun 2013.

Jadi, saya mohon kalian bersabar menunggu dan saya sangat membutuhkan dukungan kalian untuk musim-musim selanjutnya.

Salam,

Kamui Kobayashi.

Musim depan, Nico Hulkenberg dan Esteban Gutierrez akan mengisi tempat di tim Sauber. Sementara rekan setim Kobayashi, Sergio Perez akan membalap untuk McLaren dan menggantikan Lewis Hamilton yang hijrah ke Mercedes.

(gpu/kny)


Sumber: Bola.net
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Formula 1
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini