Ducati pede penggunaan winglet takkan dilarang di MotoGP

Selasa, 22 Maret 2016 17:36 Sumber :
Ducati pede penggunaan winglet takkan dilarang di MotoGP Andrea Dovizioso dan Marc Marquez saat bertarung di MotoGP Qatar 2016 (c) AFP

Merdeka.com - Ducati Corse yakin bahwa MotoGP tak akan melarang penggunaan sayap atau winglet pada akhir musim nanti, demikian yang dinyatakan sang sporting director, Paolo Ciabatti kepada Crash.net di sela MotoGP Qatar akhir pekan lalu di Sirkuit Losail.

Pabrikan Italia ini memperkenalkan generasi terbaru teknologi winglet di tempat yang sama setahun lalu demi memperbaiki aerodinamika Desmosedici. Gagasan sang general manager, Luigi "Gigi" Dall"Igna inipun dikembangkan sepanjang musim dengan berbagai bentuk winglet dipakai Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso.

"Saya rasa Ducati pabrikan pertama yang memahami bahwa perbaikan sektor aerodinamika dan penggunaan winglet bisa mengurangi wheelie dan beberapa hal lainnya, jadi memang berguna. Jelas beberapa pebalap protes, tapi semua pabrikan ujung-ujungnya menggunakannya juga," ungkap Ciabatti.

Yamaha mengikuti langkah ini pada bulan September dalam uji coba tertutup di Aragon, Spanyol bersama Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, sementara Honda memamerkan versinya untuk pertama kali bersama Marc Marquez dan Dani Pedrosa selama uji coba pramusim 2016.

Meski mulai dipakai oleh tiga pabrikan peserta MotoGP, ada kekhawatiran bahwa winglet-winglet ini akan mencederai pebalap lain. Pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow juga sempat cemas winglet bisa melukai kaki pebalap dan menghasilkan turbulensi di area slipstream.

"Saya rasa winglet tak akan dilarang. Tahun lalu, saat kami mulai menggunakannya, semua orang tertawa. Pada pertengahan musim, tim lain mulai menggunakannya. Kini hampir semua memakainya. Saya rasa ini bagian dari evolusi MotoGP dan Ducati adalah pelopornya," tutup Ciabatti. (cn/kny)


Sumber: Bola.net
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini