Davis Cup, Indonesia ditekuk Vietnam 2-3

Minggu, 6 Maret 2016 18:49 Reporter : Arie Sunaryo
Davis Cup, Indonesia ditekuk Vietnam 2-3 Pembukaan Davis Cup. ©2016 merdeka.com/arie sunaryo

Merdeka.com - Harapan selangit untuk bisa menumbangkan tim tenis Vietnam di Davis Cup 2016 Grup II Zona Asia-Oceania dengan mudah pupus sudah. Tim tenis Indonesia harus mengakui keunggulan Vietnam dengan skor 3-2, pada pertandingan yang digelar di Lapangan Tenis Manahan Solo, Minggu (6/3).

Kekalahan Indonesia ditentukan pada laga akhir, saat kedudukan imbang 2-2. Aditya Hari Sasongko yang menjadi pemain terakhir dan diharapkan bisa membawa Indonesia unggul, ternyata tak bisa mengalahkan pemain Vietnam, Nguyen Hoang Thien. Sama-sama menjadi penentu, keduanya bermain ngotot. Sehingga permainan berjalan alot hingga lima set.

Pada set ketiga Nguyen sempat mendapatkan perawatan di lapangan dan akhirnya menyerah untuk kemenangan Aditya. Pada set keempat dan kelima, keadaan berbalik pemain Vietnam mampu menekan permainan Aditya. Nguyen Hoang Thien akhirnya menang dalam lima set dengan skor 3-6, 6-2, 3-6, 6-4, dan 6-4.

"Saya minta maaf belum bisa memberikan yang terbaik meskipun sudah berusaha keras. Saya akui permainan Nguyen lebih bagus," ujarnya Aditya.

Kapten Tim Indonesia Roy Therik juga mengakui keunggulan tim Vietnam. Dirinya tidak menyangka jika pemain Vietnam, Nguyen Hoang Thien bisa bermain stabil seperti saat bermain ganda malam sebelumnya.

"Ini kehilangan yang sangat besar. Saya tidak menyangka atas kekalahan dari Vietnam ini, sangat mengejutkan. Kita masih harus berjuang lagi dalam ajang Piala Davis ini melalui babak play off," katanya.

Sementara itu, Nguyen Hoang Thien, mengaku pada awal pertandingan dirinya cukup kesulitan menghadapi Aditya. Apalagi dirinya sempat merasakan kram perut. Namun dia bisa bangkit karena mendapatkan dukungan dari tim dan keluarga.

Menanggapi kemenangan atas tim Indonesia tersebut Kapten Tim Vietnam, Quoc Bao Truong, mengaku sangat senang. Dia mengaku cukup surprise atas kemenangan tim nya.

Dari lima pertandingan yang digelar, kemenangan Indonesia disumbangkan petenis unggulan, Christopher Rungkat yang mengalahkan petenis Vietnam, Ly Hoang Nam pada hari terakhir dengan skor 6-4, 6-1, dan 2-0. Saat set ketiga, Ly terpaksa meninggalkan permainan karena sakit.

Christo juga menyumbang skor dengan kemenangan atas Pham Minh Tuan pada hari pertama.

Sedangkan di kelas ganda pasangan Christopher Rungkat/Sunu Wahyu kalah dari pasangan Vietnam, Ly Hoang Nam/Nguyen Hoang Thien 3-6, 6-3, 6-7 (3-7), dan 6-2.

Berikut hasil pertandingan Davis Cup 2016 Grup II Zona Asia-Oceania di Manahan :

Jumat (4/3/2016)

Chirstopher Rungkat vs Pham Minh Tuan 6-1, 6-1, dan 6-2

Aditya Hari Sasongko vs Ly Hoang Nam 1-6, 4-6, dan 2-6

Sabtu (5/3/2016)

Christoper Rungkat/Sunu Wahyu Trijati vs Ly Hoang Nam/Nguyen Hoang Thien 3-6, 6-3, 6-7 (3-7), dan 6-2

Minggu (6/3/2016)

Christopher Rungkat vs Ly Hoang Nam 6-4, 6-1, dan 2-0 (retaired)

Aditya Hari Sasongko vs Nguyen Hoang Thien 6-3, 2-6, 6-3,4-6 dan 4-6. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tenis
  3. Surakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini