Congrats, Astra Honda Racing Team dominasi podium juara di ARRC 2018

Sabtu, 13 Oktober 2018 20:30 Reporter : Wuri
Congrats, Astra Honda Racing Team dominasi podium juara di ARRC 2018 Congrats, Astra Honda Racing Team dominasi podium juara di ARRC 2018. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Astra Honda Racing Team (AHRT) berhasil membuktikan performa mereka di ajang Asia Road Racing Championship 2018 seri kelima yang berlangsung hari pertama pada Sabtu (13/10). Pasalnya, perwakilan Indonesia ini sukses menorehkan raihan membanggakan, yaitu mendominasi podium juara dalam ajang bergengsi tersebut.

Di kelas Ap250, Rheza Danica Ahrens dan Awhin Sanjaya berhasil mengunci kemenangan di posisi pertama dan kedua. Begitupun prestasi yang berhasil di raih oleh Andi Gilang Farid Izdihar yang sukses menyabet gelar juara di kelas SS600. Melalui perjuangan panjang selama balapan berlangsung, kemenangan ini sempat membuat para pendukung AHRT deg-degan!

Cerita lain datang dari Mario Suryo Aji. Padahal, pria tersebut sukses menempati pole pertama dalam babak kualifikasi yang berlangsung pagi harinya. Sayang, Mario sempat keluar lintasan pada awal-awal balapan. Hal ini membuat dia tetap bertahan di raihan 122 poin.

Sukses meraih podium pertama, Rheza Danica Ahrens sempat melalui perjuangan yang nggak mudah. Mengawali balapan di posisi kedua, Rheza sempat mengalami hambatan hingga bergeser di posisi keempat. Tapi, skill-nya mampu menunjukkan siapa Rheza sebenarnya karena akhirnya dia berhasil naik ke posisi kedua.

Begitu Mario keluar lintasan, arena balap pun menjadi tempat kejar-kejaran Awhin dan Rheza. Perbedaan waktu dengan pembalap ketiga hanya sekitar 3 detik saja. Di akhir, Awhin pun harus mengakui keunggulan rekan setimnya tersebut. Rheza finish pertama dengan catat waktu 20:38,812, selisih tipis sekali dibandingkan Awhin Sanjaya yang mencatatkan waktu 20:39,087.

Congrats, Astra Honda Racing Team dominasi podium juara di ARRC 2018 2018 Merdeka.com

Menurut Rheza, balapan di Sentul adalah salah satu yang paling menantang karena sirkuitnya yang sudah familiar dengan pembalap Indonesia lain.

"Di balapan Sentul kali ini suasana berbeda karena home race untuk pebalap Indonesia. Mereka cukup kencang dan kuat sehingga perlu usaha lebih keras untuk menang," kata Rheza Danica Ahrens.

Terbukti saat 3 kali sesi latihan, catatan waktu Reza masih tertinggal dari yang lain. Namun ketika kualifikasi Reza berhasil memperbaiki catatan waktunya. Menghadapi balapan kedua pada hari Minggu (14/10), Reza mengaku akan berusaha lebih maksimal dan memperbaiki kekurangan dibalapan hari ini.

Sementara itu, balapan di kelas SS600cc pun berlangsung dengan sengit di atas sirkuit Sentul. Terjadi persaingan ketat antara Andi Gilang dan Ahmad Yudhistira dari tim Manual Tech KYT Kawasaki Racing. Sejak awal balapan, keduanya sudah bersaing ketat yang membuat kemenangan Andi Gilang berlangsung dramatis, hanya selisih 0,029 detik.

Andi Gilang Farid Izdihar mengawali balapan dengan pole position. Akibat start yang kurang mulus, Andi pun tercecer hingga ke posisi lima. Berkat skill dan ketenangan, Andi mampu cepat merangsek ke posisi dua pada lap ketiga. Setelah lap tersebut, duel kelas 600cc pun menjadi pertarungan Andi Gilang Farid Izdihar dan Ahmad Yudhistira.

Congrats, Astra Honda Racing Team dominasi podium juara di ARRC 2018 2018 Merdeka.com

Ahmad masih merajai posisi pertama hingga lap 11. Tapi, begitu memasuki lap 12, Andi mulai mencari celah dan terus menyalip Ahmad. Hal ini terus terjadi hingga tiga tikungan sebelum finish. Andi pun berhasil merebut posisi pertama dalam kelas SS600 tersebut. Keberhasilan Andi Gilang Farid Izdihar pun disambut penuh suka cita para official yang sejak awal balapan dibuat deg-degan. Andi Gilang Farid Izdihar pun sukses meraih 25 poin sehingga total poinnya saat ini menjadi 64.

"Di tiga lap terakhir sebenarnya sudah mencoba untuk memimpin, namun Yudhistira agresif dan tetap memaksa untuk masuk. Akhirnya di momen-momen terakhir waktu Lastlap berhasil. Untuk race kedua besok, target saya start yang mulus dan tampil bagus, kata Andi Gilang Farid Izdihar.

Apresiasi juga patut diberikan kepada pebalap kedua AHRT kelas 600cc, Irfan Ardiansyah, Mengawali balap di posisi 7, Irfan yang juga start kurang mulus hingga melorot ke posisi 9 namun akhirnya berhasil finis di urutan keempat. Berkat itu, Irfan pun sukses menambah perolehan poin menjadi 33.

"Kami dari AHRT sangat bangga sekali, karena kita bisa membuktikan pebalap kita mencapai hasil yang terbaik pada balapan pertama seri kelima AARC 2018. Tentu, masih perlu ada improvment lebih lanjut untuk menghadapi balapa kedua pada hari Minggu. Hari ini juga menjadi bukti hasil dari pembinaan dari latihan yang dilakukan para rider, mekanik dan manajemen, kata Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM).

Besok, ARRC 2018 hari kedua masih berlangsung dan pastinya persaingan makin memanas. Jangan ketinggalan aksi pembalap jagoanmu, ya! [wri]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini