Casey Stoner tuduh aspal baru 'rusak' lintasan Sepang

Selasa, 13 Februari 2018 13:06 Sumber :
Casey Stoner (c) Ducati

Merdeka.com - Test rider Ducati Corse, Casey Stoner merupakan salah satu rider yang turun lintasan dalam uji coba tertutup MotoGP Malaysia pada 24-26 Januari lalu. Meski catatan waktunya cukup kompetitif dan sukses mengumpulkan data penting, uji coba ini sedikit terhambat karena hujan yang turun selama tiga hari.

Dalam uji coba ini, Stoner menjajal Desmosedici GP18 dengan test rider Ducati lainnya, Michele Pirro, bersama test rider dari pabrikan-pabrikan rival. Juara dunia MotoGP 2007 dan 2011 ini pun melontarkan kritik tajam soal kualitas aspal baru Sirkuit Sepang, yang dinilainya tak terlalu baik.

Sepang melakukan pengaspalan ulang pada awal 2016. WorldSBK menjadi kejuaraan pertama yang menjajal aspal baru ini pada Mei di tahun yang sama, sementara MotoGP menjajalnya pada Oktober. Sejak itu, beberapa pihak meyakini bahwa aspal baru ini sulit mengering usai terguyur hujan.

"Aspal baru "menghancurkan" lintasan ini, menimbulkan masalah saat kondisinya basah. Ini Sepang, Anda harus siap saat hujan. Anda butuh aspal yang mengering dengan baik. Jika butuh enam jam untuk kering, maka ini lelucon. Ini seperti Le Mans, mungkin perusahaan aspalnya sama," ujarnya kepada Speedweek.

Dalam uji coba tersebut, tak ada catatan waktu yang dirilis oleh masing-masing pabrikan peserta, namun Stoner dikabarkan mencatat waktu tercepat dari seluruh test rider yang hadir. Meski begitu, ia tak bisa maksimal menjajal motor GP18 dikarenakan cuaca buruk.

"Aspal ini masalah besar. Tak hanya bahaya bagi motor, tapi juga mobil. Kami harus menunggu lama untuk menyelesaikan uji coba. Ini bukan kondisi yang kami bayangkan untuk uji coba. Tapi kami telah mengumpulkan data positif dan penting," tutup rider asal Australia ini. (sw/kny)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Sumber: Bola.net

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini