KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Balapan hujan MotoGP Qatar takkan digelar, kecuali...

Senin, 20 Maret 2017 16:21 Sumber :
MotoGP Qatar 2016 yang digelar dalam kondisi kering. (c) AFP

Merdeka.com - Direktur Pengawas Balap (Race Director) MotoGP, Mike Webb menyatakan bahwa balapan MotoGP Qatar di Sirkuit Losail pada 23-26 Maret tak akan digelar bila hujan turun, kecuali seluruh rider mencapai kesepakatan untuk tetap menjalani balapan. Hal ini disampaikan Webb dalam wawancaranya bersama MCN baru-baru ini.

Selama uji coba pramusim di tempat yang sama pada 17-19 Maret, para rider Moto3 dan Moto2 diganggu oleh hujan dan angin kencang, hingga beberapa sesi dibatalkan. Kondisi ini terancam terulang saat pekan balap nanti, dan Michelin sebagai pemasok tunggal ban MotoGP akan membawa ban basah, mematahkan tradisi sejak 2008 lalu.

Selama ini, MotoGP Qatar tak boleh digelar bila hujan turun, dan pada 2009, balapan dipindahkan ke hari Senin malam setelah badai menerpa Losail pada hari Minggu. Meski begitu, beberapa pekan lalu Pengawas Balap telah menurunkan dua Safety Advisor MotoGP, Loris Capirossi dan Franco Uncini untuk menjalani uji coba dalam kondisi basah. Keduanya mengaku bukan mustahil balapan digelar dalam kondisi tersebut.

"Bukan keputusan final bahwa kami akan tetap balapan ketika hujan turun, tapi kami sudah memberitahu semua rider dan tim untuk mempersiapkan uji coba dalam kondisi basah, jadi mereka bisa menceritakan kepada kami bagaimana situasinya, apakah mereka siap balapan, atau kami harus mencari solusi lain," ujar Webb.

Menurut pria Selandia Baru ini, Capirossi dan Uncini telah bertemu dengan seluruh rider MotoGP untuk membicarakan hasil uji coba tersebut. Para rider pun meminta Race Direction menggelar uji coba tambahan agar bisa merasakan sendiri bagaimana situasinya bila mereka berkendara di atas lintasan Losail yang basah.

"Semua rider berkata, "oke, kita coba saja dan biar kami sendiri yang merasakannya." Kami akan menggelar uji coba itu bila kami mendapat kesempatan yang tepat. Tapi kami takkan menggelar balapan dalam kondisi hujan, kecuali semua rider ikut menjalani uji coba dan setuju untuk tetap balapan," pungkas Webb.

Meski begitu, MCN melaporkan bahwa balapan Moto3 dan Moto2 takkan pernah digelar bila Sirkuit Losail diguyur hujan. Hal ini diakibatkan Dunlop yang merupakan pemasok ban tunggal mereka takkan membawa ban basah dalam event tersebut. (mcn/kny)

Topik berita Terkait:
  1. MotoGP

Sumber: Bola.net
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.