Apa yang terjadi ketika skydiving?

Rabu, 8 Juni 2016 17:00 Reporter : Iwan Tantomi
Apa yang terjadi ketika skydiving? Apa yang terjadi ketika skydiving? ©shutterstock

Merdeka.com - Diterjunkan dari atas ketinggian dengan menggunakan pesawat bersama dengan seorang tandem berpengalaman. Mungkin itulah yang menjadi gambaran sebagian besar publik saat melihat aksi skydiving. Sebenarnya ada banyak hal yang bakal membuat skydiving menjadi sebuah kegiatan yang bakal dikenang sepanjang hidup.

Apa yang terjadi ketika melakukan olahraga skydiving? Coba simak di bawah ini.

Pertama, di ketinggian 8.000 kaki, sang instruktur akan mulai mengaitkan harnessnya ke skydiver. Kemudian saat ketinggian mencapai 10.000 kaki, ia mulai menggeserkan badan mendekati pintu pesawat. Skydiver pemula sebaiknya mempersiapkan diri untuk melihat dunia dari atas awan.

Di pintu pesawat, skydiver diminta untuk menyilangkan lengan di depan dada, mengangkat kaki dan menggantungkan pada badan instruktur, sementara kepala diletakkan pada pundaknya. Instruktur akan “memaksa” skydiver untuk melihat indahnya dunia dari pintu pesawat yang terbuka sambil membiasakan diri dengan pemandangan tersebut.

Begitu sampai di drop zone, instruktur akan melemparkan diri keluar dari pesawat. Kini, skydiver dan instruktur terjun ke bawah dengan kecepatan lebih dari 200 kilometer per jam. Saat itu, tekanan udara di badan membuat skydiver merasa seperti berbaring di lantai. Hanya saja, lantai tersebut tidak ada, berganti dengan pemandangan Planet Bumi dari udara.

Terjun bebas hanya berlangsung sekitar satu menit saja. Maka, nikmati setiap momen tersebut sehingga menjadi sangat bermakna. Instruktur akan menepuk pundak skydiver tanda melakukan posisi touch down, atau mendarat. Untuk posisi ini, skydiver harus membuka tangannya.

Di ketinggian 5.500 kaki, parasut dikembangkan. Gerakan menghentak dan ketatnya tali harness yang melingkar di tubuh bakal dirasakan oleh skydiver. Bagi kebanyakan skydiver, inilah momen terbaik dalam skydiving. Selain itu, perasaan juga lebih tenang karena parasut telah mengembang sempurna hingga akhirnya mendarat kembali di atas tanah.

wei

Ingin merasakan sensasi melayang di udara tersebut? Ikuti kontes WEI yang diselenggarakan Merdeka.com dan Vaseline Men. Daftarkan diri di wei.merdeka.com/join dan unggah video aksi terbaik di Instagram dengan hashtag #WEI dan #beranirusak.

Tiga pemenang dengan video terbaik akan diajak skydiving di Karimunjawa, mountain biking di Rinjani, serta longboarding di Sumba. Semua kegiatan ini akan dibiayai secara penuh oleh Merdeka.com. (xpi) [tmi]

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini