3 Warna Ban Mobil Formula 1, Jadi Strategi Seru yang Disajikan Racing Team

Kamis, 24 Maret 2022 19:40 Reporter : Jeffreydien Winanda
3 Warna Ban Mobil Formula 1, Jadi Strategi Seru yang Disajikan Racing Team 3 Warna Ban Mobil Formula 1, Jadi Strategi Seru yang Disajikan Racing Team. ©2022 Shutterstock

Merdeka.com - Sajian kompetisi olahraga memang selalu sukses bikin para fans terbawa tegang atas atmosfer yang tersaji, terutama di olahraga balapan. Salah satu kompetisi balap mobil paling populer di dunia yaitu Formula 1 pun menjadi turnamen yang sudah pasti ditunggu para penggemar setia.

Selain skill balapan yang mumpuni dari para driver, keseruan juga bisa muncul dari racing team dalam menentukan pilihan ban. Formula 1 sendiri mengkategorisasikan ban mobil balap dalam tiga jenis yang masing-masing memiliki karakteristik tersendiri.

Ketiga jenis ban ini dibedakan dengan kode warna dan motif stripe yang tercetak di atas permukaan ban sehingga mudah diidentifikasi oleh mata. Lantas, apa saja jenis dan kode warna ban yang ada di Formula 1?

Hard (Warna Putih)

3 warna ban mobil formula 1 jadi strategi seru yang disajikan racing team
©2022 Shutterstock

Ban dengan kode warna putih ini memiliki karakteristik yang keras alias hard. Sesuai namanya, ban bertipe hard memiliki daya tahan atau durability yang tinggi serta daya cengkeram paling rendah.

Tipe ban ini merupakan yang paling tahan lama digunakan di atas sirkuit sehingga pembalap tak perlu sering masuk pitstop. Meski begitu, tipe ban hard cenderung membuat mobil sedikit lebih lambat dibanding tipe ban lainnya.

Soft (Merah)

3 warna ban mobil formula 1 jadi strategi seru yang disajikan racing team
©2022 Shutterstock

Kebalikan dari hard, kode warna merah di ban mobil balap Formula 1 merupakan tipe soft atau lembut. Tipe ban ini memiliki daya cengkeram yang lebih baik serta membuat mobil mampu melaju lebih cepat.

Sayangnya penggunaan ban ini ketika bertanding membuatnya cepat aus meskipun mampu melaju lebih cepat. Hal ini pun membuat sang pembalap mau tak mau juga harus sering masuk ke pit stop.

Medium (Warna Kuning)

3 warna ban mobil formula 1 jadi strategi seru yang disajikan racing team
©2022 Shutterstock

Jika kamu melihat ban dari pembalap Formula 1 memiliki kode warna kuning, itu artinya mobil yang dikendarai menggunakan ban bertipe medium. Ban tipe ini memiliki keseimbangan yang stabil antara kecepatan mobil serta daya cengkeram. Jika ban bertipe hard dan soft sama-sama memiliki keuntungan serta kekurangan yang berkebalikan, maka ban bertipe medium adalah yang paling stabil.

Kompetisi Formula 1 menjadi salah satu balapan yang nggak cuma asal melaju cepat, namun banyak strategi kompleks yang seru banget buat diperhatikan. Apapun strategi balapan yang digunakan, nonton F1 pun bakal semakin seru dengan hadirnya kacang kulit rasa bawang tersaji di atas meja. Jangan sampai kelewatan ya.

[jfw]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Initiative Content
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini