Novak Djokovic

Foto:

Novak Djokovic


Nama Lengkap : Novak Djokovic

Alias : Nole

Profesi : Olahragawan

Agama : Kristen

Tempat Lahir : Belgrade, Serbia

Tanggal Lahir : Jumat, 22 Mei 1987

Zodiac : Gemini

Hobby : Surfing di internet | Menonton film | Mendengarkan musik

Warga Negara : Serbia


Ayah : Srdjan Ðokovic
Ibu : Dijana Ðokovic
Saudara : Ðorde Ðokovic, Marko Ðokovic
BIOGRAFI

Djokovic memulai kariernya ketika dia menginjak usia 16 tahun. Debut pertama Djokovic pada ATP (Association of Tennis Professionals) di tahun 2005 tidak berhasil mengantarnya pada kemenangan. Pemain tenis yang fasih berbahasa Serbia, Inggris, Jerman dan Italia ini mulai diperhatikan namanya pada tahun 2006. Djokovic berhasil menembus peringkat 20 besar untuk pertama kalinya.

Djokovic dibesarkan dalam keluarga Kristen Serbian Orthodox, oleh ayah yang bernama Srdjan, mantan pemain sepak bola, dan ibu, Dijana, yang mengelola restoran pizza dan pancake. Sementara sebagian besar kelurganya yang lain, seperti paman dan bibinya, adalah pemain ski profesional.

Djokovic pernah terpilih sebagai atlet paling populer di Serbia dan memenangkan penghargaan Oscar of Popularity di tahun 2009 dan 2010. Karena sifatnya yang cukup ekstrovert, ia sering diundang dalam acara talk show di televisi untuk menceritakan kisah kesuksesannya dalam dunia tenis. Djokovic juga pernah tampil sebagai cameo dalam film The Expendables 2 sebagai dirinya sendiri.

Debut Djokovic di dunia tenis ia awali dalam kejuaraan final Piala Davis 2001 untuk peserta di bawah usia 14 tahun. Djokovic kemudian mengikuti turnamen Futures and Challenger dan menjuarainya di tiga musim, dari 2003-2005. Setelah itu, keikutsertaannya di turnamen Grand Slam pertamanya dikalahkan oleh Marat Safin (petenis asal Rusia).

Di tahun 2006, dedikasi total pemain tenis asal Serbia ini ditunjukkan dengan kepindahannya dan seluruh anggota keluarganya ke Inggris demi meniti karier yang lebih maksimal. Tahun berikutnya, dia pun berhasil mendulang prestasi 10 besar dunia. Meskipun di US Open Djokovic dikalahkan Federer di final, namun tahun-tahun berikutnya dapat dikatakan sebagai tahun keemasan bagi Djokovic. Oleh ATP (Association of Tennis Professionals), Djokovic adalah pemain tenis terbaik di musim 2011.

PENGHARGAAN

2007, Runner-up di US Open melawan Roger Federer
2008, Juara Pertama di Australian Open melawan Jo-Wilfried Tsonga
2010, Runner-up di US Open melawan Rafael Nadal
2011, Juara Pertama di Australian Open melawan Andy Murray
2011, Juara Pertama di Wimbledon melawan Rafael Nadal
2011, Juara Pertama di US Open melawan Rafael Nadal
2012, Juara Pertama di Australian Open melawan Rafael Nadal

SOCIAL MEDIA
twitter.com/DjokerNole
facebook.com/djokovic.official
www.novakdjokovic.rs

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA

Sebelumnya