Nelson Rolihlahla Mandela

Foto:

Nelson Rolihlahla Mandela


Nama Lengkap : Nelson Rolihlahla Mandela

Alias : Nelson Mandela | Madiba

Profesi : Birokrat

Tempat Lahir : Mvezo

Tanggal Lahir : Kamis, 18 Juli 1918

Zodiac : Cancer

Warga Negara : Afrika Selatan


Istri : Evelyn Ntoko Mase, Winnie Madikizela , Graça Machel
Ayah : Gadla Henry Mphakanyiswa
BIOGRAFI

Nelson Mandela adalah Presiden Afrika Selatan pada periode 1994-1999. Ia dikenal sebagai pejuang kemerdekaan melalui kegiatan anti-apartheid nya. Pada usia 16 tahun, Mandela bersekolah di Clarkebury Boarding Institute untuk mempelajari kebudayaan barat. Mandela menghabiskan masa kecilnya di Thembu. Ia memiliki nama kehormatan "Madiba" yang diberikan dari klannya. Pada tahun 1934, Mandela mengambil program B.A di Universitas Fort Hare dan mengambil ilmu hukum di University of The Witswatersrand. Karena ia menentang kebijakan universitas, akhirnya Mandela diminta keluar dari universitas Fort Hare yang kemudian melanjutkan studinya di Universitas South Africa.

Mantan presiden Afrika selatan ini menikah sebanyak tiga kali. Dua pernikahan pertamanya berakhir dengan perceraian. Kemudian pada usia 80 Mandela bertemu dan menikah dengan seorang wanita yang juga mantan presiden Mozambik, Samora Machel.

Sebagai aktivis, Mandela tidak terlepas dari berbagaimacam kasus yang membuatnya harus hidup ditahanan. Pada tanggal 5 agustus 1962 mandela ditangkap, hakim memvonis 5 tahun penjara untuk Mandela, sedang beberapa kelompok aktivis dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Tidak sampai di situ, mandela kembali merasakan jeruji pada februari 1985 karena menolak pembebasan bersyarat dan menghentikan perjuangan bersenjata dan bebas pada tahun 1990.

Mandela akhirnya menghembuskan napas terakhirnya pada tanggal 5 Desember 2013. Meninggalnya tokoh ini membuat seluruh lapisan masyarakat berduka. Masyarakat dunia menunjukkan arasa bela sungkawa yang mendalam melalui berbagai media, khususnya media sosial seperti twitter dan facebook.

Riset dan Analisa oleh Yessi Dita Ariyasni

Last update: 5/12/2013

Selengkapnya

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA

Berita Selengkapnya

Foto Selengkapnya