Munir Said Thalib

Foto:

Munir Said Thalib


Nama Lengkap : Munir Said Thalib

Alias : Munir

Profesi : Aktivis

Agama : Islam

Tempat Lahir : Malang

Tanggal Lahir : Rabu, 8 Desember 1965

Zodiac : Sagittarius

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Keadilan. Barangkali keadilan adalah satu kata yang paling sensitif bagi sebagian besar orang, khususnya masyarakat Indonesia. Betapa tidak, jika pada orde baru banyak sekali aktivis hak asasi manusia yang memperjuangkan nasib rakyat lewat jalur independen dan cenderung menentang pemerintahan yang berkuasa kala itu harus rela hilang dan tidak kembali atau kembali dalam keadaan tidak bernyawa. Berhasil digulingkan pada tahun 1998, Indonesia akhirnya ada pada titik yang disebut reformasi. Namun, berganti menjadi reformasi ternyata tidak berarti bagi pejuang hak asasi manusia. Lihat saja contohnya, pembunuhan di pesawat pada aktivis hak asasi manusia yang dikenal sangat tajam dalam mengkritik pemerintahan, Munir Said Thalib. Selengkapnya


Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Kamis, 18 Oktober 2018 22:10:48 Suciwati 'murnikan' Aksi Kamisan di Malang

    stri mendiang almarhum Munir Said Thalib, Suciwati turun tangan dalam Aksi Kamisan di Malang setelah sebelumnya sempat dibubarkan sejumlah organisasi masyarakat (ormas). Dua kali Aksi Kamisan dibubarkan lantaran dianggap menyuarakan separatisme.

  • Jumat, 7 September 2018 18:06:12 Puluhan aktivis di Medan gelar aksi peringati 14 kematian Munir

    Dalam unjuk rasa itu, Aliansi Solidaritas Peduli Munir menggelar aksi teatrikal pembunuhan Munir. Mereka juga menaburkan bunga ke keranda yang dibawa. Aksi diakhiri dengan membagikan kembang kepada pengendara yang melintas di sana.

  • Jumat, 7 September 2018 16:13:42 Kabareskrim Polri tegaskan tak pernah tutup kasus Munir

    Kabareskrim Polri Komjen Arief Sulistyanto menegaskan, pihaknya tidak pernah menutup kasus pembunuhan terhadap aktivis HAM Munir Said Thalib. Menurutnya, tidak ada istilah penyidikan dibuka dan ditutup.

  • Jumat, 7 September 2018 16:01:52 Amnesty Internasional: Kasus kematian Munir tak ada kedaluwarsa

    Manager kampanye Amnesty International Indonesia, Puri Kencana Putri menegaskan, tidak ada masa kedaluwarsa atas pengusutan kasus kematian Munir. Meski proses kasus kematian Munir masuk dalam ranah pidana, namun masuk kategori unsolved killing.

  • Rabu, 5 September 2018 18:54:59 Bareskrim bisa buka rekaman Pollycarpus dan Muchdi PR untuk selidiki kasus Munir

    Rekaman tersebut didapat saat penyidikan dilakukan pada kepemimpinan Kabareskrim Bambang Hendarso Danuri. Bareskrim menemukan 41 hubungan telepon antara Pollycarpus dengan Muchdi PR. Rekaman telepon itu mengungkap percakapan diduga Pollycarpus melaporkan pembunuhan Munir kepada Muchdi.

  • Selasa, 4 September 2018 15:02:53 Kabareskrim soal kasus Munir: Menyidik dan membuktikan aktor itu tidak mudah

    Meski demikian dia berjanji akan mempelajari kembali. Selama ditangani Polri, beberapa berkas perkara kasus tersebut sudah selesai. Sejumlah tersangka juga sudah divonis oleh pengadilan dan menjalankan hukumannya.

  • Senin, 3 September 2018 14:40:13 Pollycarpus bebas, Kapolri perintahkan Kabareskrim teliti kembali kasus Munir

    Pollycarpus bebas, Kapolri perintahkan Kabareskrim teliti kembali kasus Munir.Hanya saja Setyo tidak menjawab saat disinggung apakah kepolisian menemukan bukti baru atau novum dalam kasus kematian Munir. Dia juga enggan berspekulasi apakah akan ada tersangka baru di kasus tersebut.

  • Jumat, 31 Agustus 2018 16:10:10 Pollycarpus bebas, Jaksa Agung masih tunggu dokumen TPF Munir ditemukan

    Dokumen tim pencari fakta (TPF) kasus pembunuhan aktivis HAM Munir Said Thalib kembali dipertanyakan pasca-bebasnya Pollycarpus Budihari Prijanto. Jaksa Agung HM Prasetyo menuturkan, pihaknya masih menunggu dokumen asli TPF tersebut ditemukan.

  • Rabu, 29 Agustus 2018 16:36:32 Pollycaprus bebas, Koalisi Keadilan untuk Munir desak negara ungkap aktor utama

    Koalisi Keadilan untuk Munir mengkiritik bebasnya Pollycaprus Budihari Priyanto, terpidana pembunuhan aktivis hak azasi manusia (HAM) Munir Said Thalib, setelah divonis 14 tahun penjara. Sebabnya, Pollycarpus yang mendapatkan banyak remisi, tidak mampu mengungkap dalang di balik pembunuhan Munir.

  • Rabu, 29 Agustus 2018 14:13:28 Usai bebas, Pollycarpus bantah bunuh Munir

    Pollycarpus membeberkan lucos delic dalam kasus ini pun berbeda-beda terkait waktu dan tempat pembunuhan Munir. Ia mempertanyakan sejumlah hal. Dugaan pertama, Munir diduga dibunuh saat perjalanan Jakarta-Singapura. Namun kemudian ada dugaan kembali, jika Munir diracun, saat perjalanan dari Singapura ke Amsterdam.

  • Rabu, 29 Agustus 2018 13:41:03 Meski lega sudah bebas, Pollycarpus siap jika kasusnya dibuka lagi

    Pollycarpus mengaku juga sudah melupakan kasus yang menimpanya. Saat ini fokus utamanya adalah meniti karir kembali di dunia penerbangan. Pollycarpus pun belum punya rencana untuk menemui istri dari Munir, Suciwati.

  • Kamis, 21 September 2017 13:33:52 KontraS minta pemerintah tak lempar tanggung jawab soal TPF Munir

    Arif menegaskan, Presiden Joko Widodo harus mengumumkan hasil investigasi TPF Munir. Sebab, pemegang kewenangan tertinggi di Tanah Air adalah Presiden.

  • Senin, 11 September 2017 20:14:58 Soal kasus Munir, Wiranto sebut sulit cari hasil asli TPF zaman SBY

    Soal kasus Munir, Wiranto sebut sulit cari hasil asli TPF zaman SBY. Menurut Wiranto, perkembangan kasus pembunuhan Munir hanya berdasarkan data dari TPF yang dipimpin Brigjen (Purn) Marshudi Hanafi. Tetapi, hingga kini pemerintah belum berhasil mendapatkan dokumen asli dari hasil pencarian fakta tersebut.

  • Senin, 11 September 2017 12:19:59 Wiranto soal kasus kematian Munir: Saya ketemu pak Teten dulu

    Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto akan menemui Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki. Pertemuan itu guna membahas soal dokumen Tim Pencari Fakta (TPF) kematian aktivis HAM, Munir Said Thalib.

  • Sabtu, 9 September 2017 15:24:47 Nada bicara Wiranto meninggi ditanya perkembangan kasus pembunuhan Munir

    Nada bicara Wiranto meninggi ditanya perkembangan kasus pembunuhan Munir. Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki mengatakan, Jokowi sudah menginstruksikan Menko Polhukam Wiranto dan Jaksa Agung HM Prasetyo untuk menangani persoalan HAM tersebut, termasuk kematian Munir.

  • Sabtu, 9 September 2017 08:27:00 Nasib penuntasan kasus HAM termasuk Munir di tangan Wiranto

    Teten Masduki menyebut kasus HAM termasuk Munir seharusnya ditanyakan ke Wiranto. Tetapi, Wiranto malah enggan menanggapinya.

  • Jumat, 8 September 2017 15:47:29 Teten Masduki: Harusnya Wiranto beri keterangan hasil TPF Munir

    Sejumlah pihak kembali mendesak Presiden Joko Widodo agar segera membuka dokumen hasil tim pencari fakta (TPF) kematian aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Munir Said Thalib. Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki mengatakan Jokowi sudah menginstruksikan Menko Polhukam dan Jaksa Agung untuk menangani persoalan tersebut.

  • Jumat, 8 September 2017 06:01:00 Suciwati yang tak pernah lelah menuntut keadilan untuk Munir

    Kamis, 7 September 2017, tepat 13 tahun aktivis hak asasi manusia (HAM) Munir Said Thalib dibunuh. Munir dibunuh dengan cara diracun. Racun tersebut diduga dimasukkan ke dalam makanan atau minumannya saat penerbangan dari Jakarta ke Amsterdam dengan pesawat Garuda Indonesia GA 974 pada 7 September 2004.

  • Kamis, 7 September 2017 21:49:48 Istri Munir minta aktivis muda kritis ke pemerintah, tapi tak anarkis

    "Kita sudah lelah dengan kekerasan. Tentunya mendorong tidak harus anarki bakar atau merusak dan terus berjuang dan terus ada ruang tidak bisa diisi di ruang kebenaran dan terus bersuara sekeras-kerasnya," kata Suciwati.

  • Kamis, 7 September 2017 21:43:33 Efek Rumah Kaca berharap dalang pembunuhan Munir bisa diusut tuntas

    Vokalis Efek Rumah Kaca, Cholil Mahmun berharap di peringatan 13 tahun kematian Munir, para aktivis tak lelah menagih janji pemerintah menuntaskan pengusutan kasus Munir.

Berita Selengkapnya

Foto Selengkapnya