Mohamad Sohibul Iman

Foto:

Mohamad Sohibul Iman


Nama Lengkap : Mohamad Sohibul Iman

Alias : Sohibul Iman

Profesi : Politisi


No Relation
BIOGRAFI

Mohammad Sohibul Iman adalah anggota DPR RI dari fraksi PKS. Dia lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat pada tanggal 5 Oktober 1965. Sejak kecil jiwa kepemimpinannya ditunjukkan dengan sering mengikuti organisasi. Aktivitas organisasi sudah dijalani mulai sejak SD, SMP, dan SMA (Pramuka dan OSIS), kemudian dilanjutkan dalam kegiatan ekstra kurikuler di perguruan tinggi.

Meskipun sempat kuliah di IPB sampai semester 3 namun seluruh pendidikan tinggi (S1-S3) bisa dia selesaikan di Jepang. Beberapa organisasi yang tercatat spernah diikuti antara lain seperti ISTECS (Institute for Science and Technology Studies), YPNF (Yayasan Pendidikan Nurul Fikri), HSF (Hokuriku Scientific Forum), MITI (Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia), YIT (Yayasan Inovasi Teknologi), dan lain-lain.

Dia pernah mengabdi di lembaga teknologi pemerintahan, perguruan tinggi, dan perusahaan konsultan. Selama bertugas sebagai PNS di BAKOSURTANAL (Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional) dan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) ia banyak menangani proyek penelitian terutama yang berkait dengan kebijakan teknologi dan industri.

Selain itu, dia juga banyak terlibat dalam program reformasi, restrukturisasi, dan revitalisasi di lembaga negeri ini. Di dunia akademik, selain berpengalaman sebagai dosen, di beberapa perguruan tinggi, dia pernah menjabat sebagai rektor Universitas Paramadina, Jakarta. Bahkan dia pernah mendedikasikan dirinya pada konsultan hak paten di Amroos Law Consultant, Jakarta.

Setelah reformasi tahun 1998, Sohibul bergabung dengan PK (Partai Keadilan) dan dipercaya sebagai Ketua Departemen IPTEK-LH DPP PK. Selanjutnya sejak tahun 2005 hingga 2010 diamanahi sebagai Ketua DPP PKS bidang Ekuintek (Ekonomi, Keuangan, Industri, dan Teknologi). Amanah tersebut cukup berat, tapi berkat bantuan dan kerjasama teman teman dan saudara saudara disekitar dia, sampai saat Sohibul masih bisa menjalankannya.

Sebagai Anggota DPR dari PKS tentu saya harus memperjuangkan visi PKS. Secara pribadi menjabarkan dalam tiga misi, yaitu berjuang bersama, antara lain menegakkan moralitas bernegara, membangun kemandirian ekonomi, mengembangkan budaya maju.

Riset dan analisis oleh Vizcardine Audinovic

PENDIDIKAN
  • 2004 : Ph.D. dari Graduate School of Knowledge Science, Japan Advanced Institute of Science and Technology (JAIST)
  • 1994 : Master of Engineering dari Takushoku University, Tokyo
  • 1992 : Bachelor of Engineering dari Waseda University, Tokyo
  • 1987 – 1988 : Kursus Bahasa Jepang di Center for Foreign Language Studies, Takushoku University, Tokyo
  • 1985 – 1987 : Mahasiswa IPB sampai Tingkat 2, berhenti karena mendapat beasiswa ke Jepang
KARIR
  • Anggota DPR RI Fraksi PKS
  • Rektor dan dosen Universitas Paramadina Jakarta
SOCIAL MEDIA
http://www.sohibuliman.net

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA

Sebelumnya