Mario Gomez

Foto:

Mario Gomez


Nama Lengkap : Mario Gomez

Alias : Mario Gomez Garcia

Profesi : Olahragawan

Tempat Lahir : Riedlingen, West Germany

Tanggal Lahir : Rabu, 10 Juli 1985

Zodiac : Cancer

Warga Negara : Jerman


No Relation
BIOGRAFI

Mario Gomez Garcia, atau biasa hanya Mario Gomez, lahir di Riedlingen, Jerman pada 10 Juli 1985. Setelah sekitar satu dekade berkarir sebagai pesepakbola profesional, Gomez dikenal sebagai tipe 'setia' dibanding pemain sepakbola profesional lain yang cenderung sering gonta-ganti klub.

Sejak memulai karir sekitar 2003 lalu, Mario Gomez tercatat baru dua kali berganti klub, Stuttgart dan Bayern Munich. Dengan klub pertamanya, Stuttgart, penyerang handal ini bermain dalam payung kontrak selama 6 musim kompetisi penuh. Saat merumput bersama klub tersebut, Gomez sempat menyandang predikat sebagai pemain sepakbola Jerman terbaik pada 2007. Kontribusi pesepakbola yang juga hobi bermain tenis dan musik ini juga cukup besar saat membawa Stuttgart menjadi juara Bundesliga pada musim 2006 - 2007.

Pasca menutup payung kontrak dengan Stuttgart pada paruh musim 2009, Gomez beralih ke mega-tim Jerman, Bayern Munich, untuk bermain di papan atas Bundesliga. Sejak bergabung mulai 2009 hingga profil diunggah, Mario Gomez masih mengenakan seragam resmi Munich untuk bermain dalam Divisi I Bundesliga. Karir Gomez makin menanjak ketika bermain bersama Munich. Tiga piala kebesaran sepakbola Jerman turut disumbang pesepakbola bertinggi 189 cm ini kepada Bayern Munich, sekaligus mencatatkan diri sebagai top scorer dalam dua gelaraan bergengsi sepakbola Eropa.

Dikenal sebagai salah seorang penyerang handal dan menjadi kebanggaan bagi timnya, Gomez juga tercatat sebagai anggota skuad resmi tim nasional Jerman. Memulai debut bersama tim U-21 Jerman ketika laga melawan Swiss pada 7 Februari 2007, pesepakbola yang ditakuti karena keakuratan tendangan kaki kanan ini juga tercatat ikut memberi kontribusi besar terhadap tim negaranya sendiri dengan beberapa kali naik podium, meski bukan puncak, dalam berbagai gelaran tingkat benua Eropa dan dunia.

Pada Oktober 2012 lalu, Gomez sempat membuat geger barisan penggemarnya setelah mengakhiri hubungan sembilan tahunnya dengan Silvia Meichel. Trivia lain seputar Mario Gomez Garcia, tentu saja, terkait gaya bicaranya yang blak-blakan mengenai berbagai isu sosial, termasuk yang paling sensitif sekalipun. Berkomentar tentang isu pesepakbola gay, Gomez menyatakan keinginan adanya konsiderasi ulang yang radikal dengan menganjurkan para pemain gay bersikap terbuka dan tanpa beban terkait kecenderungan seksual mereka.

Musim depan Gomez akan mengenakan kaus Fiorentina pada musim 2013-2014. Alasan dia meninggalakan Bayern karena Fiorentina menawarkan proyek besar untuknya. Menurutnya, klub tersebut berhasil membuat dia terkesan. Pria yang empat tahun membela Bayern ini mengaku tak sabar dengan petualangan barunya nanti. Musim lalu bersama Bayern, Gomez lebih sering berada di bangku cadangan akibat cedera parah.

Last update 9 Juli 2013 16:47 WIB

Riset dan analisis: Mochamad Nasrul Chotib - Desti Ayu Ruhiyati

KARIR

Karir profesional:

  • 2003-2005 Vfb Stuttgart II
  • 2003-2009 Vfb Stuttgart
  • 2009-      Bayern Munich

Karir internasional

  • 2005–2006 Germany U-21
  • 2005       Germany B
  • 2007       Germany
PENGHARGAAN
  • German Footballer of the Year, 2007
  • Pencetak Gol Terbanyak, Bundesliga, 2011
  • Pencetak Gol Terbanyak kedua, UEFA Euro, 2012
  • Pemain Termahal kedua, Bundesliga
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA

Sebelumnya