Maria Yuryevna Kirilenko

Foto:

Maria Yuryevna Kirilenko


Nama Lengkap : Maria Yuryevna Kirilenko

Alias : Maria Kirilenko

Profesi : Olahragawan

Tempat Lahir : Moskow, Rusia

Tanggal Lahir : Minggu, 25 Januari 1987

Zodiac : Aquarius

Hobby : Membaca | Musik | Komputer games | Basket | Sepakbola

Warga Negara : Rusia


Ayah : Yuri Kirilenko
Ibu : Olga
BIOGRAFI
Maria Kirilenko yang lahir dengan nama Maria Yuryevna Kirilenko merupakan pemain tenis profesional asal Rusia. Sampai pada Desember 2011, Kirilenko mampu mencapai prestasi sebagai pemain tenis ganda terbaik ke-7 menurut WTA (Women's Tennis Association), dimana sebelumnya ia pernah berada di peringkat ke-5 dunia.

Kirilenko merupakan putri pasangan dari Yuri Kirilenko dan Olga yang masih memiliki darah keturunan Ukraina. Ia telah bermain tenis sejak usianya 5 tahun. Pertama kali Kirilenko mengenal tenis adalah ketika ia diajak ke Dinamo Moscow Central Stadium oleh ayahnya. Petenis yang fasih berbahasa Rusia dan Inggris ini berteman baik dengan para pemain tenis Rusia lainnya, seperti Maria Sharapova, Daniela Hantuchová, Victoria Azarenka, Ana Ivanovic, Agnieszka Radwanska, Nadia Petrova, dan Marta Domachowska. Selain tenis, Kirilenko juga menggemari olahraga sepak bola. Kirilenko sempat menjalin hubungan asmara dengan sesama pemain tenis tunggal putra asal Rusia, Igor Andreev, selama beberapa tahun. Namun pada November 2011, Kirilenko menyampaikan bahwa ia sedang berpacaran dengan pemain hoki Rusia, Alexander Ovechkin.

Meski telah bermain tenis sejak dini, namun kendala pendidikan dan sekolah Kirilenko membuatnya tidak bisa terlalu fokus dengan tenis. Ayah Kirilenko pun memutuskan untuk memasukkan anaknya ke sebuah sekolah tenis, sehingga Kirilenko mampu menjuarai beberapa turnamen tenis junior. Di usia 12, Kirilenko dilirik oleh mantan petenis profesional, Elena Brioukhovets, dan menawarinya program tenis bersama Elena. Dalam jangka tiga tahun, Kirilenko mampu menjadi pemain tenis yang diunggulkan untuk kelompok umur di bawah 18 tahun.

Kirilenko menjadi petenis profesional di tahun 2001. Selama berkarier profesional, ia pernah menapakkan kaki di final turnamen tenis dunia Grand Slam dan berhasil menjadi runner-up dalam Australian Open 2011 bersama pasangan ganda putrinya, Victoria Azarenka. Meski Kirilenko juga bermain tenis untuk nomor tunggal, namun namanya lebih bersinar ketika bermain tenis di kelas ganda.
PENGHARGAAN
Grand Slam finals:
Runner-up Australian Open 2011 bersama Victoria Azarenka
Premier Mandatory Finals:
Runner-up Rome Championship 2005 bersama Anabel Medina Garrigues
Runner-up Montreal Championship 2008 bersama Flavia Pennetta
Runner-up Dubai Championship 2009 bersama Agnieszka Radwanska
Juara pertama Cincinnati Championship 2010 bersama  Victoria Azarenka
Juara pertama Madrid Championship 2011 bersama  Victoria Azarenka
Runner-up Toronto Championship 2011 bersama  Victoria Azarenka
SOCIAL MEDIA
twitter.com/mkirilenko
facebook.com/pages/Maria-Kirilenko-official/137446361120
www.mariakirilenko.com
www.mkirilenko.com

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA

Sebelumnya