Mahmud Ahmadinejad

Foto:

Mahmud Ahmadinejad


Nama Lengkap : Mahmud Ahmadinejad

Alias : No Alias

Profesi : Birokrat

Agama : Islam

Tempat Lahir : Aradan, Iran

Tanggal Lahir : Minggu, 28 Oktober 1956

Zodiac : Scorpion

Warga Negara : Iran


Istri : Azam Farahi
Anak : Mehdi, Alzera, Fatemeh
BIOGRAFI

Mahmoud Ahmadinejad adalah presiden Iran yang keenam. Ahmadinejad lahir di Aradan pada 28 Oktober 1956. Selain jabatan presiden, Ahmadinejad juga pimpinan Alliance of Builders of Islamic Iran, sebuah koalisi dari politik yang konservatif. Suami dari Azam Farahi ini adalah lulusan Iran University of Science and Technology. Sebelum menjadi Presiden Irak yang keenam, Ahmadinejad lebih dulu menjabat sebagai Gubernur Ardabil dan juga Walikota Teheran.
Ayah dari tiga anak bernama Mehdi, Alzera, dan Fatemeh ini saat ini tinggal di Gisha, rumah tinggal pribadinya, dan juga Istana Sa’abad, rumah dinas presiden. Pada awalnya, Ahmadinejad adalah seorang guru dan juga insinyur. Kemudian, Ahmadinejad bergabung dalam Office for Strengthening Unity dan terpilih menjadi Gubernur. Akan tetapi, setelah presiden Mohammad Khatami terpilih, Ahmadinejad diturunkan dari jabatan dan kemabli mengajar seperti biasa.
Pada tahun 2003, Ahmadinejad terpilih untuk menjadi Walikota Teheran. Di masa pemerintahannya, Ahmadinejad mengambil jalur agama sebagai patokan dari semua tindakan yang dilakukannya. Lalu, pada pemilihan presiden pada tahun 2005, dengan  dukungan dari Alliance of Builders of Islamic Iran, Ahmadinejad mendapatkan 62% dukungan masyarakat. Ahmadinejad mulai bertugas pada 3 Agustus 2005, dan akan berakhir pada 3 Agustus 2013. Sesuai dengan peraturan Negara Iran, setelah terpilih Ahmadinejad tidak akan dapat mencalonkan diri sebagai presiden lagi.
Meskipun dianggap sebagai figur yang kontroversial tidak hanya oleh rakyat Iran tetapi juga oleh dunia, kesederhanaan Ahmadinejad telah menjadi pembicaraan di banyak kalangan. Misalnya, saat ada wacana tentang pesawat kepresidenan yang nyaman dan mewah, Ahmadinejad meminta agar pesawat tersebut diganti dengan pesawat kargo yang setara dengan pesawat kelas ekonomi. Menurut Ahmadinejad, hal ini dilakukan agar rakyat Iran tidak terbebani dengan pajak untuk membayar biaya operasional pesawat kepresidenan yang mewah dan mahal.


Riset dan analisa oleh Rica Naza Qimala

PENDIDIKAN
  • Iran University of Science and Technology
KARIR
  • Presiden Iran
  • Walikota Teheran
  • Gubernur Ardabil
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA

Sebelumnya