Mahaka Media

Foto:

Mahaka Media


Nama Lengkap : Mahaka Media

Alias : PT Abdi Bangsa Tbk.

Profesi : Perusahaan

Warga Negara : Jakarta


No Relation
BIOGRAFI

PT Mahaka Media Tbk didirikan pada tanggal 28 November 1992 di Jakarta sesuai dengan Akta No.229 yang kemudian diubah dengan Akta No 157 tanggal 17 Desember 1992. Kala itu masih bernama PT Abdi Bangsa Tbk yang merupakan perusahaan media multi-platform yang menjual, mengumpulkan dan mendistribusikan berbagai konten melalui platform yang dibutuhkan konsumen. Mahaka Media pertama kali mendirikan Harian Republika tepatnya pada tanggal 4 Januari 1993 sebagai surat kabar pertama bagi komunitas Muslim di Indonesia kala itu. Sepuluh tahun berselang, tepatnya pada tanggal 3 April 2002, Mahaka Media berhasil mencatatkan sahamnya untuk pertama kali di Bursa Efek Jakarta dengan nama PT Abdi Bangsa Tbk dan menjadi perusahaan penerbitan surat kabar pertama yang berstatus perseorangan publik.

Sebagai Multi Media Holding Company (Induk Perusahaan Multi Media), Mahaka Media telah membawahi dua unit usaha sejak tahun 2003, yakni PT Pustaka Abdi Bangsa dan PT Republika Media. Perkembangan perusahaan ini semakin pesat semenjak mengakuisisi seluruh kepemilikan  PT Indopac Usaha Prima dan beberapa anak perusahaan lainnya seperti PT Media Golfindo, PT Mahaka Visual, PT Avabanindo Perkasa yang masing-masing bergerak di bidang penerbitan majalah berlisensi, perfilman dan animasi dan media iklan luar. Kepemilikan ini sesuai dengan Penawaran Umum Terbatas III pada tanggal 29 September 2004 yang semakin memperkuat posisi Mahaka Media itu sendiri.

Dengan slogan “Unlimited Content Creation”, sekarang PT Mahaka Media Tbk telah membawahi lebih dari 16 unit usaha, termasuk surat kabar, majalah, penerbit buku, televisi, radio, media luar ruang (billboard), animasi, teater 4D, serta media digital. Dengan mengedepankan nilai-nilai KREATIF (Kredibilitas, Rasa tanggung jawab, Edukatif, Antusiasme, Teamwork, Inovatif, Fokus dan Aktif), Mahaka Media mampu membentuk unit bisnis yang masing-masing mampu menjadi yang terdepan. Sebagai contoh, Harian Republika menjadi surat kabar Muslim terbesar di Indonesia, Gen FM menjadi radio No. 1 di Jakarta, GolfDigest Indonesia menjadi majalah Golf No. 1 di Indonesia dan masih banyak lagi prestasi yang ditorehkan perusahaan ini. Tak khayal ke depannya, dengan konsistensi yang tetap dijaga akan membuat Mahaka Media menjadi semakin kokoh.

 Riset dan analisa oleh Tryning Rahayu Setya W.

 

Selengkapnya

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA

Berita Selengkapnya

Foto Selengkapnya