Lee Hsien Loong

Foto:

Lee Hsien Loong


Nama Lengkap : Lee Hsien Loong

Alias : No Alias

Profesi : Birokrat

Tempat Lahir : Singapura

Tanggal Lahir : Minggu, 10 Februari 1952

Zodiac : Aquarius

Warga Negara : Singapura


Istri : Ho Ching
Ayah : Lee Kuan Yew
BIOGRAFI

Lee Hsien Loong lahir di Singapura, 10 februari 1952 yang menjabat sebagai Perdana Menteri Singapura Ketiga sekaligus Menteri Keuangan Singapura. Ayahnya adalah Perdana Menteri Singapura Pertama yaitu Lee Kuan Yew. Statusnya yang sebagai anak dari Perdana Menteri Singapura Pertama menimbulkan kecurigaan dengan nepotisme. belum lagi masyarakat dikejutkan dengan diangkatnya istri Lee, Ho Ching, sebagai direktur BUMN.

Lee Hsien Loong pernah bergabung pada angkatan bersenjata singapura di tahun 1971 setelah kelulusannya dari universitas Cambridge dan Harvard. Setelah menduduki posisi Bridgen di Angkatan Bersenjata Singapura, tahun 1984 ia mengundurkan diri karena terpilih menjadi Anggota Parlemen. Pada masa dua tahun jabatannya sebagai Anggota Parlemen, Lee kemudian beralih jabatan yaitu sebagai Komite Eksekutif Pusat pada Partai Aksi Rakyat bersamaan dengan jabatannya sebagai Deputi Perdana Menteri di tahun 1990 itu.

Januari 1998, Lee kembali melebarkan sayap politiknya yaitu dengan memiliki jabatan baru sebagai Ketua Otoritas Moneter Singapura. Tiga tahun masa jabatannya sebagai Ketua Otoritas Moneter Singapura, Lee menggantikan posisi Goh Chok Tong sebagai Perdana Menteri Singapura di tanggal 24 Agustus 2004. Kedudukannya sebagai Perdana Menteri Singapura dihiasi dengan beberapa rumor. Pemerintahan Lee dianggap arogan dan autokrasi selain dugaan nepotisme pada pemerintahan. Selengkapnya


Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA

Berita Selengkapnya

Foto Selengkapnya