Lawrence Edward Page

Foto:

Lawrence Edward Page


Nama Lengkap : Lawrence Edward Page

Alias : Larry Page

Profesi : Tokoh Teknologi Informasi

Tempat Lahir : Lansing

Tanggal Lahir : Senin, 26 Maret 1973

Zodiac : Aries


Istri : Lucinda Southworth
BIOGRAFI


Lawrence Edward "Larry" Page adalah salah satu pendiri dari mesin pencari internet Google. Saat ini ia adalah presiden produk pada Google Inc.
Larry Page lahir di East Lansing, Michigan. Ayahnya, Carl Page, mendapatkan gelar Ph.D. dalam ilmu komputer pada tahun 1965 ketika bidang itu dianggap sebagai "pelopor dalam ilmu komputer dan kecerdasan buatan." Baik dia dan ibu Larry Page, Gloria, adalah profesor ilmu komputer di Michigan State University. Ibu Larry Page adalah Yahudi namun dia dibesarkan tanpa agama.

Larry Page mengenyam pendidikan di Okemos Montessori School yang sekarang disebut Montessori Radmoor di Okemos, Michigan pada tahun 1975-1979, dan lulus dari East Lansing High School pada tahun 1991. Beliau meraih gelar Bachelor of Science dalam teknik komputer dari Universitas Michigan dengan pujian dan Master of Science di bidang ilmu komputer dari Universitas Stanford. Sementara di Universitas Michigan, Page menciptakan "sebuah printer inkjet yang terbuat dari batu bata Lego" (sebenarnya plotter line), dan ia juga menjabat sebagai presiden kehormatan kelompok Eta Kappa Nu pada musim gugur 1994, dan merupakan anggota dari  "Maize & Blue" dalam tim Solar Car di University of Michigan.

Ketika menjadi seorang siswa di program Ph.D. ilmu komputer Universitas Stanford, Page bertemu Sergey Brin. Pada awalnya mereka merasa tidak cocok. Hal ini disebabkan karena ketidakcocokan mereka terhadap setiap topik yang dibicarakan. Namun, pada akhirnya mereka memiliki ketertarikan yang sama yaitu mengenai mesin pencari (search engine). Bersama, mereka menjalankan mesin pencari Google, yang mulai beroperasi pada 1998.

Google didasarkan pada teknologi PageRank yang telah dipatenkan, yang mendasarkan pada struktur link-link antar situs web untuk menentukan peringkat suatu situs tertentu. Page masih tetap on leave dari program Ph.D.
Ketika di universitas, dia membuat mesin cetak inkjet dari potongan-potongan balok Lego. Page menjalankan Google sebagai presiden bersama dengan Brin sampai 2001, ketika mereka merekrut Eric Schmidt untuk menjadi ketua umum dan CEO Google. Page sekarang menjalankan Google sebagai tritunggal bersama dengan Brin dan Schmidt.

Menurut Forbes, Page mempunyai perkiraan kekayaan bersih sebesar 12,8 milyar US Dollar. Hal ini membuatnya orang nomor 27 terkaya di dunia. Pada September 2005 dia dan pendiri Google lainnya, Sergey Brin, membeli sebuah pesawat penumpang yang sangat besar, sebuah Boeing 767, untuk penggunaan pribadi mereka.
Page adalah investor aktif di perusahaan energi alternatif, seperti Tesla Motors, yang mengembangkan Tesla Roadster, sebuah kendaraan listrik dengan rentang baterai 244 mil (393 km). Dia terus berkomitmen untuk mendukung teknologi dengan energi terbarukan, dan dengan bantuan dari Google.org, lengan filantropis Google, Page menyarankan adopsi plug-in mobil listrik hibrida dan investasi energi alternatif  lainnya.

Pada tahun 2002, Page, bersama dengan Sergey Brin, ditunjuk untuk menjadi MIT Technology Review TR100, sebagai salah satu dari 100 inovator terbaik di dunia di bawah usia 35.

Riset dan analisa oleh Bobby Reza Satrian.

PENDIDIKAN
  • Stanford University
  • Okemos Montessori School
KARIR
  • Founder Google
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA

Sebelumnya