Kimi-Matias Räikkönen

Foto:

Kimi-Matias Räikkönen


Nama Lengkap : Kimi-Matias Räikkönen

Alias : Kimi Räikkönen | Iceman | Kimppa | Rakka | The Kimster

Profesi : Olahragawan

Tempat Lahir : Espoo, Finlandia

Tanggal Lahir : Rabu, 17 Oktober 1979

Zodiac : Balance

Hobby : Snowboarding | Ice hockey

Warga Negara : Finlandia


Ayah : Matti Räikkönen
Ibu : Paula
Saudara : Rami Räikkönen
Istri : Jenni Dahlman
BIOGRAFI

Kimi Räikkönen yang lahir dengan nama Kimi-Matias Räikkönen merupakan pembalap Formula 1 yang berasal dari Finlandia. Ia lahir dan dibesarkan oleh pasangan Matti Räikkönen dan Paula. Kimi memiliki kakak bernama Rami Räikkönen yang juga merupakan seorang pembalap Formula 3 di Finlandia. Bakat Kimi dan Rami didapat dari ayah mereka, Matti, yang berprofesi sebagai mekanik dan akrab dengan dunia utak-atik mesin.

Kimi telah menikah dengan Jenni Dahlman di musim panas tahun 2002. Jenni merupakan mantan model dan Miss Skandinavia tahun 2001. Mereka bertemu ketika Kimi pertama kali turun di ajang Formula 1 di tahun 2001. Setelah menikah, Kimi dan Jenni menetap di Zurich, Swiss, yang tidak jauh dari tempat tinggal pembalap satu tim Kimi di Ferrari, Felipe Massa.

Pembalap yang menggemari Eminem dan U2 ini sudah tertarik dengan berbagai kegiatan olahraga di sekolahnya dari kecil, seperti sepak bola, gulat, taekwondo, basket, hoki es, dan kriket. Pernah suatu kali ia kalah dalam sebuah pertandingan bola dan menyampaikan pada ibunya bahwa suatu hari nanti ia pasti akan dapat menjadi juara dunia, entah dalam bidang olahraga apapun nantinya. Janji Kimi terpenuhi ketika ia berhasil menjadi juara dunia Formula 1 di tahun 2007. Ibu Kimi sesungguhnya tidak begitu menyetujui karier balapan yang ditempuh Kimi karena menganggap bahwa balapan adalah jenis olahraga yang berbahaya. Akan tetapi Kimi berhasil meyakinkan ibunya dengan gigih sehingga ia bisa mencapai karier besar sampai saat ini.

Kimi mulai balapan karting di usianya yang masih 11 tahun. Sampai pada tahun 1998, ia telah mengantongi beberapa gelar juara karting dengan penampilan yang memukau. Tahun berikutnya Kimi berkompetisi di British Formula Ford dan Formula Renault dan berhasil merebut juara. Di tahun 2000, Kimi juga menjadi runner-up untuk Gokart Formula A Eropa. Pada 2001, Kimi memulai debutnya di Formula 1 bersama tim Sauber Petronas dan mampu meraih posisi ke-10. Musim 2002, Kimi berpindah tim bersama McLaren Mercedes sampai pada tahun 2006.

Tahun 2007 merupakan tahun terbaik Kimi, dimana debut pertamanya dengan tim Ferrari mampu membawanya menjadi juara dunia Formula 1. Akan tetapi tahun-tahun berikutnya dimana Kimi membuat berbagai kontroversi, Ferrari memutuskan kontrak dengannya. Kimi pun beralih berkarier di ajang reli dunia bersama Citroen Junior. Di akhir musim 2011, Kimi pun menyampaikan bahwa ia akan kembali di ajang Formula 1 bersama tim Lotus Renault.

Kimi dikenal sebagai sebagai pembalap yang pendiam, rendah diri, dan juga dingin. Ia juga mengalami kesulitan berbahasa Inggris serta Italia ketika masih bergabung bersama tim Ferrari. Kimi lebih nyaman dan lancar berbahasa Finlandia. Sebagai pembalap yang kurang peduli dengan lingkungan timnya, sisi baiknya adalah Kimi masih memiliki sifat dermawan karena pernah bermain dalam kegiatan ski amal yang digelar pada Januari 2007 lalu.

PENGHARGAAN

Karier:
1999, menduduki peringkat kedua di Gokart Formula A Eropa
2000, bergabung bersama Formula Renault dan menjadi juara umum
2001, debut di Formula 1 bersama Sauber Petronas dan menduduki posisi ke-10
2002-2006, mengikuti kejuaraan Formula 1 bersama McLaren Mercedes
2007, berpindah bersama tim Ferrari dan menjadi juara dunia Formula 1 untuk pertama kalinya
2008-2009, masih bersama tim Ferrari namun belum mampu mengulangi kesuksesan sebagai juara dunia
2010, hengkang dari kejuaraan Formula 1 dan menjajal karier di ajang reli dunia bersama Citroen Junior
2011, karier kedua dan terakhirnya di reli dunia dan menyampaikan akan kembali ke kejuaraan Formula 1 di musim 2012 bersama tim Lotus Renault

Rekor-rekor:
Mencatat tujuh kemenangan di Formula 1 tanpa memenangi gelar dunia, menyamai rekor Alain Prost pada 1984 dan 1988, serta Michael Schumacher pada 2006
Pembalap termahal di Formula 1 dan di tim Ferrari dengan gaji mencapai US$ 51 juta di musim 2007 (Michael Schumacher menyusul di posisi kedua dan Fernando Alonso di posisi ke-3)
Menyamai rekor Nigel Mansell pada 1989 sebagai pembalap baru Ferrari yang sukses memenangi lomba di Grand Prix pertamanya untuk Ferrari saat ia menang di Australia
Menyamai rekor Jody Scheckter (1979) sebagai pembalap baru Ferrari yang langsung meraih gelar dunia di musim pertamanya
Mencatat 11 kali lap tercepat dalam semusim, rekor baru di Formula 1
Menyamai catatan Carlos Reutemann yang berhasil meraih angka baik di balapan F1 maupun di reli WRC

Penghargaan:
2001: Rookie of the Year
2002: Overtake Action of the Year
2004: Drive of the Year
2005: Drive of the Year, Driver of the Year
2006: Overtake Action of the Year
2007: Start of the Year

SOCIAL MEDIA
www.kimiraikkonen.com
twitter.com/Kimi_Raikkonen
facebook.com/kimi.raik

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA

Sebelumnya