KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Unduh ratusan film Hollywood

Kamis, 22 Maret 2012 18:03 Reporter : Ardyan Mohamad
Presiden Suriah Basyar al-Assad bersama keluarga (thewildmagazine.com/james nachtwey)

Merdeka.com - Masyarakat dunia saat ini hanya mengenal Presiden Suriah Basyar al-Assad sebagai pemimpin lalim karena membantai rakyatnya. Namun siapa mengira, lelaki yang pernah berprofesi sebagai dokter mata di Ibu Kota London, Inggris, ini tergila-gila dengan budaya Barat.

Surat kabar Inggris the Guardian pekan lalu melansir ribuan surat elektronik pribadi Assad yang berhasil dicuri peretas. Beberapa temuan mengejutkan muncul, misalnya pria 46 tahun itu ternyata tidak pernah absen mengunduh musik dan film barat dari situs iTunes yang dikelola perusahaan terkemuka Amerika Serikat, Apple.

Dari rangkaian surat elektronik itu, Basyar dan istrinya, Asma al-Akhras, seperti tetap hidup semasa mereka masih bersekolah di London. Seluruh hiburan rezim Assad berasal dari Barat.

Menggunakan alamat surat elektronik bernama sam@alshabbab.com, Basyar tercatat menyukai musik Barat lama atau kekinian. Dia kerap memutar lagu lawas 1980-an "God Gave Me You" yang dinyanyikan Blake Shelton. Penyanyi muda Amerika Chris Brown juga sering didengar pemimpin berdarah dingin itu.

Soal film, tidak banyak informasi didapat. Namun dari catatan yang ada di daftar unduh iTunes miliknya, ratusan film Hollywood sudah dia tonton.

Basyar memuaskan hasratnya menikmati hiburan luar negeri memakai alamat palsu. Semua transaksi dari Suriah diblokir sejak tahun lalu oleh bank-bank dunia sebagai sanksi karena rezimnya menyerang rakyat sipil.

Sikapnya itu sangat berlawanan dengan situasi rakyatnya.Warga Suriah memperoleh informasi hanya dari televisi milik pemerintah.

Internet diblokir sejak akhir tahun lalu karena rezim Assad takut dengan potensi jejaring sosial dalam penggulingan penguasa seperti di Mesir. Warga di dua kota basis oposisi, Homs dan Hama, bahkan mengalami kelaparan karena bahan-bahan pokok tidak bisa masuk ke kota itu.
                [fas]

Topik berita Terkait:
  1. Basyar Al Assad
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.