Pahlawan Kesehatan

Perawat Sabar dan Penyayang itu Berpulang Karena Virus Corona

Kamis, 24 September 2020 16:29 Reporter : Rifa Yusya Adilah
Perawat Sabar dan Penyayang itu Berpulang Karena Virus Corona Perawat Nani Suhartini. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - "Bismillah ikhlas." Kalimat itu menjadi status yang tertera di aplikasi percakapan WhatsApp ponsel Engki Achmadi. Status yang tidak pernah diganti sejak kepergian istrinya, Nani Suhartini.

Nani bekerja sebagai perawat di Rumah Sakit Sukmul Sisma Medika, Jakarta Utara. Dia menghembuskan napas terakhir di RSPI Sulianti Saroso, 4 Mei 2020.

Sosok sang istri tercinta melekat dalam diri dan jiwa Engki. Foto profil WhatsApp Engki bersama istrinya. Saat keduanya berlindung di bawah payung berwarna ungu, di kala hujan mengguyur siang hari.

Wanita berusia 46 tahun itu meninggal dunia dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus Corona. Hasil rapid test Nani menunjukkan non reaktif. Namun hasil hasil swabnya belum keluar, Nani pergi selamanya. Menghadap sang pencipta. Kepergian Nani meninggalkan duka mendalam bagi keluarga.

"Selama seminggu, anak-anak masih syok. Bahkan anak pertama saya sampai pingsan," ujar Engki saat bercerita dengan merdeka.com, Selasa (22/9).

Beberapa hari terakhir sebelum meninggal, setiap hari Nani minta dipijat oleh suami dan anak-anaknya. Sebelum menghembuskan memejamkan mata, Nani sempat berpesan kepada Engki. Agar merawat anak-anak dengan baik.

"Pas di RS, almarhum sempat titip anak-anak ke saya. 'Yah, titip ya anak-anak' Nah saya lihat, dari matanya memang sudah sayu. Di situ saya sudah feeling," tutur Engki.

Nani meninggalkan suami dan tiga orang buah hatinya. Tidak mudah bagi anak-anak kehilangan sosok ibu yang sangat penyayang dan penyabar. Anak sulung kini kuliah semester 5 di salah satu universitas swasta di Jakarta. Sementara anak keduanya duduk di bangku kelas 2 SMA. Sedang si bungsu kelas 2 SMP.

"Mereka sangat kehilangan. Setiap pagi anak-anak suka dibuatkan sarapan sama istri saya. Meskipun bekerja tapi istri saya tetap jadi ibu yang baik untuk anak-anak," ucap Engki.

perawat nani suhartini

Baca Selanjutnya: Momen Terakhir...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini