Memajukan Kampung Lewat Jaringan Internet

Rabu, 2 September 2020 08:43 Reporter : Mochammad Iqbal
Memajukan Kampung Lewat Jaringan Internet Budi Hermawan Penggagas Jaringan Internet Kampung di Garut. ©2020 Merdeka.com/M Iqbal

Merdeka.com - Mimpi Budi Hermawan perlahan terwujud. Kemampuannya di bidang teknologi membuahkan inovasi. Dimulai dari kocek pribadi, jaringan internet kampung itu berdiri. Kemudian menyebar luas hingga banyak semakin banyak masyarakat desa bisa menikmati.

Bukan keputusan mudah diambil Budi. Dana dikeluarkan pun tidak sedikit. Sudah Rp800 juta digelontorkan demi membangun jaringan internet di Kampung Cilimushideung, Desa Mekarsari, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Segala upaya itu pun tak sia-sia. Kini warga bisa menikmati internet stabil dan murah.

"Alhamdulillah impian saya ini bisa terwujud. Saya dan warga sudah membangun jaringan internet dan memasang kabel optik," ujar Budi bercerita pada Kamis, 20 Agustus 2020 lalu.

Kehadiran internet murah membuat warga kampung menjadi ceria. Terutama bagi para orang tua siswa. Mereka tak lagi bermuram durja karena mahalnya harga kuota. Jaringan internet hasil karya Budi sangat membantu anak mereka bersekolah daring di tengah Pandemi Corona.

Warga cukup membayar Rp33.000 per bulan untuk berlangganan. Dengan begitu, para pelajar, mahasiswa, guru, hingga dosen pun bisa menggunakan jaringan untuk kegiatan belajar mengajar dan perkuliahan dengan lancar.

Berkecimpung di dunia teknologi sejak tahun 1992, Budi menjamin para pengguna internet di kampungnya tak bisa mengakses situs porno. Memang sengaja jaringan itu tak dibuka bebas. Ini dikarenakan khawatir banyak anak bakal terpengaruh dan berdampak buruk akibat salah memanfaatkan jaringan internet.

Sebelum hadirnya jaringan internet kampung, banyak warga mengeluhkan cara belajar melalui daring. Mereka merasa kuota internet melalui ponsel masih dirasa mahal. Membuat kantong semakin bolong. Tapi demi anak tetap sekolah, semua rela dilakukan.

Berbagai keluhan itu menjadi motivasi bagi Budi. Pria 44 tahun itu tidak ingin warga sekitar tempat tinggalnya buta teknologi. Karena melalui internet setidaknya bisa menuntun melihat dunia lebih luas dengan harga murah. Budi pun memproklamirkan kampungnya sebagai ‘Kampung Tekno Sains’.

Baca Selanjutnya: Budi Hermawan Penggagas Jaringan Internet...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini