INFOGRAFIS: Kode-Kode Unik Koruptor Minta Jatah

Selasa, 18 Januari 2022 13:07 Reporter : Wilfridus Setu Embu, Ronald, Iqbal Fadil
INFOGRAFIS: Kode-Kode Unik Koruptor Minta Jatah Infografis kode para koruptor. ©2022 Merdeka.com/Grafis: Amar Choiruddin

Merdeka.com - Dari berbagai kasus tindak pidana korupsi yang diungkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kerap muncul kode unik. Biasanya terungkap dari percakapan pelaku korupsi yang disadap.

Kode unik muncul dari percakapan koruptor dengan orang kepercayaan mereka. Beberapa kata tertentu selalu diulang saat para pelaku berkomunikasi. Sehingga menimbulkan kecurigaan. Kode tidak melulu mengacu pada jumlah uang.

Penciptaan kode selain untuk menyembunyikan kejahatan agar tidak diketahui oleh orang lain, juga bertujuan agar pembicaraan itu diketahui di antara mereka yang terlibat dalam kasus korupsi.

"Maka dibuatlah kode-kode itu. Ada yang kemudian menggunakan istilah ember, istilah meter, istilah apel. Jadi pola-pola kode itu akan selalu begitu," ujar mantan penyidik senior KPK Novel Baswedan.

Penciptaan kode ini berdasarkan kesepakatan di antara para pelaku saat sedang berkomunikasi. Tak jarang, kode yang dipilih disesuaikan dengan situasi saat itu. Sehingga ketika mereka berbicara soal uang suap, orang yang mendengar mengira mereka sedang membicarakan kejadian atau peristiwa saat itu. [noe]

Baca juga:
Korupsi Dana Proyek Rp1,2 Miliar, Kepsek SMKN 10 Malang Dituntut 5 Penjara
Perkara Korupsi Asuransi Fiktif, Eks Direktur Jasindo Divonis 4 Tahun Penjara
KPK Pindahkan Penahanan Bupati Kotim Nonaktif Andi Merya Nur
Periksa Tiga Saksi, KPK Dalami Korupsi Pengajuan Dana PEN Daerah
KPK Dalami Uang Bupati Penajam Paser Utara di Rekening Bendum DPC Demokrat Balikpapan
KPK Dalami Soal Viral Jet Pribadi Bupati Penajam Paser Utara

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini