INFOGRAFIS: Transaksi di Jalan Tol Bakal Makin Canggih

Jumat, 7 Januari 2022 17:11 Reporter : Dwi Aditya Putra
INFOGRAFIS: Transaksi di Jalan Tol Bakal Makin Canggih Infografis sistem pembayaran tol makin canggih. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Pada 2017, Pemerintah menerapkan seluruh transaksi pembayaran di gerbang tol menggunakan non tunai atau e-tol. Tujuannya untuk mengurai kemacetan panjang yang biasa terjadi di gerbang tol.

Dengan pembayaran non tunai akurasi pembayaran semakin jelas, lebih baik, cepat serta lebih aman. Namun, terobosan itu belum efektif. Masih terjadi kemacetan di gerbang tol. Sistem pembayaran tersebut belum sepenuhnya dapat menghemat waktu transaksi. Permasalahan pembacaan kartu elektronik yang lamban atau bahkan gagal membaca, memakan waktu lama untuk menempel di mesin pembaca kartu.

Pemerintah berencana menerapkan sistem pembayaran tol tanpa henti dan tanpa sentuh. Disebut Multi Lane Free Flow (MLFF). Melalui sistem MLFF. Jadi pengguna jalan tol tidak perlu lagi berhenti ketika hendak membayar tol.

Saat kendaraan melewati pintu tol, saldo uang elektronik yang ada pada aplikasi di ponsel akan langsung terpotong. Teknologi yang diterapkan pada MLFF yaitu Global Navigation Satelit System (GNSS), merupakan sistem yang memungkinkan melakukan transaksi melalui aplikasi di smartphone dan dibaca melalui satelit.

Dengan penggunaan uang elektronik telah mengurangi waktu transaksi menjadi 4 detik dibandingkan transaksi manual 10 detik. Sehingga, penggunaan MLFF tentunya memiliki manfaat sangat besar karena bisa menghilangkan waktu antrean menjadi nol detik. [noe]

Baca juga:
Mengenal Teknologi Transaksi Tol Tanpa Berhenti dan Sentuh
Bayar Tol Tanpa Berhenti Akan Diterapkan 2022
PUPR Catat 2.489 Km Jalan Tol Beroperasi Hingga Akhir 2021
Libur Tahun Baru, Ratusan Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta
PT PP Resmi Lepas Kepemilikan Saham di PT Jasa Marga Pandaan Malang Tol
Begini Skema dan Cara Bayar Tol Tanpa Sentuh

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini