Wawancara Khusus

Garda Oto: Kendaraan Rusak Terobos Banjir, Klaim Asuransi Gugur

Rabu, 8 Januari 2020 07:03 Reporter : Siti Nur Azzura
Garda Oto: Kendaraan Rusak Terobos Banjir, Klaim Asuransi Gugur Banjir genangi gerbang Tol Karang Tengah Barat. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Hujan lebat di awal tahun membuat Jakarta dan sekitarnya banjir. Tak hanya rumah, kendaraan bermotor roda dua maupun empat juga menjadi korban. Ada yang terendam bahkan hanyut terbawa arus banjir.

Penanganan pertama sangat penting agar kerusakan kendaraan tak semakin parah. Jangan asal bertindak lakukan penanganan sendiri. Walau masih ada pemilik kendaraan memilih untuk memperbaiki dengan pengetahuan minim.

Tidak menutup kemungkinan kendaraan malah semakin rusak. Padahal bila mendapat tindakan tepat maka kerugian atas kerusakan bisa diminimalisir.

Dalam kondisi ini, asuransi kendaraan sangat diandalkan untuk menekan kerugian kerusakan akibat banjir. Namun, tidak semua jenis kerusakan bisa mendapatkan klaim dari perusahaan asuransi. Untuk itu, penting bagi masyarakat mengetahui cara penanganan kendaraan saat banjir.

Jurnalis merdeka.com Siti Nur Azzura berbincang khusus dengan Senior Vice President of Communication, Event, & Service Management Asuransi Astra, Laurentius Iwan Pranoto pada Selasa, 7 Desember 2019. Kami membahas mengenai jenis kerusakan yang bisa diklaim saat banjir. Berikut petikan wawancaranya:

1 dari 2 halaman

Apa tindakan pertama bila kendaraan terendam banjir agar kerusakan tidak tambah parah?

Kalau terendam, panggil bengkel saja atau asuransi biar mobilnya bisa dievakuasi. Ingat kita bukan teknisi. Mobil terendam rawan kena kelistrikan, nanti korslet bisa terbakar. Dan jika ada air masuk ke mesin bisa water hammer, mobil malah tambah parah kerusakan.

Bagi pelanggan yang daerah rumah tinggalnya tidak mengalami banjir, ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan saat curah hujan sedang tinggi. Sebisa mungkin, Anda tetap harus menghindari menerobos genangan air. Sebab, klaim asuransi kendaraan dapat gugur karena kesengajaan atau memaksa menerobos banjir.

Utamakan keselamatan dalam berkendara, lebih baik hindari genangan tinggi yang hanya akan menimbulkan risiko yang semakin besar. Selain itu, Anda tidak menunda-nunda pengajuan klaim asuransi mobil Anda saat terjadi banjir.

Setelah peristiwa banjir di awal tahun 2020, seperti apa peningkatan permintaan klaim asuransi kendaraan?

Pasti terjadi lonjakan klaim karena banjir tiba-tiba dan merata di seluruh wilayah Jakarta dan sekitarnya. Saat ini sudah ratusan klaim masuk, sedang ditangani bertahap. Jumlah permintaan Klaim terbanyak pun merata, tak hanya di Jakarta.

Bisa dijelaskan kenapa banyak kasus perusahaan asuransi menolak klaim kendaraan bila terkena banjir?

Hal yang paling sering terjadi adalah karena pelanggan belum menambah perlindungan kendaraannya dengan perluasan perlindungan akibat banjir. Selain itu, kebiasaan sebagian masyarakat yang menyalakan mobil setelah terendam air banjir ataupun memaksakan kendaraan melewati genangan tinggi juga dapat menyebabkan klaim ditolak.

Penolakan ini merujuk pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) Bab II pasal 3 ayat 4; Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian, kerusakan dan atau biaya atas Kendaraan Bermotor dan atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga jika dikemudikan secara paksa walaupun secara teknis kondisi kendaraan dalam keadaan rusak atau tidak laik jalan.

2 dari 2 halaman

Bagaimana proses yang tepat untuk melakukan klaim asuransi di Garda Oto khususnya bagi kendaraan terendam banjir?

Pastikan Anda sudah memiliki perluasan pertanggungan kerusakan mobil akibat banjir, maka Anda dapat melaporkan klaim melalui Garda Mobile Otocare, tidak perlu langsung datang ke Garda Center atau kantor cabang untuk mengajukan klaim, Anda dapat menunggu hingga kondisi lebih kondusif, yang terpenting mobil Anda sudah dievakuasi dan laporan klaim sudah dibuat.

Karena standarnya untuk asuransi comprehensive dan Total Lost Only (TLO) tidak di-cover. Pelanggan bisa minta perluasan atau endorsement ke asuransinya. Beberapa asuransi sudah bundling polisnya termasuk perluasan ini, oleh karenanya dipastikan saja dan cek lagi coverage-nya. Kalau mau nambah kira-kira 0,3 persen dari harga pertanggungan.

Kalau sudah ada coverage-nya, pelanggan bisa menghubungi pihak asuransi untuk klaim dan mobil dibawa ke bengkel. Pelanggan bisa menghubungi Garda Oto di 1500112, dengan layanan towing gratis.

Pengajuan klaim Garda Oto akan lebih cepat dan mudah melalui aplikasi Garda Mobile Otocare. Selanjutnya siapkan SIM, STNK, serta polis kendaraan saat akan mengajukan klaim ke Garda Center atau kantor cabang. [ang]

Baca juga:
Mobil Rusak akibat Banjir, Ini Syaratnya agar Kerugian Anda Ditanggung Asuransi
Ini Kerusakan Mobil yang Bisa Diklaim Konsumen Asuransi Tugu Insurance
Aplikasi Otocare Tambah Fitur Garda Mall, Kini Bisa Jual-Beli Mobil
HUT Ke-37 & Peluncuran Aplikasi Tdrive, Saham Tugu Insurance Positif di Kuartal 4
Adira Insurance 'pede' asuransi sepeda motor tumbuh hingga akhir tahun ini
Tips mudah mencairkan klaim asuransi motor korban begal

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini