Wawancara Khusus

BMKG: Januari – Februari 2022 Puncak Musim Hujan di Jakarta

Senin, 13 Desember 2021 07:07 Reporter : Yunita Amalia
BMKG: Januari – Februari 2022 Puncak Musim Hujan di Jakarta Banjir rob di kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa. ©2021 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Jakarta dan banjir. Ibarat dua cerita saling bertaut. Fakta yang tak bisa dipungkiri. Jakarta kerap kebanjiran. Ketika curah hujan di atas normal.

Banjir kian parah ketika bertepatan puncak musim penghujan. Intensitas dan curah hujan meningkat. Sering kali menggenangi ruas jalan hingga hunian warga Jakarta.

Banyak faktor membuat banjir tak pernah hilang dari Jakarta. Secara geografis, Jakarta berada di dataran rendah. Keberadaan 13 daerah aliran sungai (DAS) turut menjadi pemicu. Belum lagi, kondisi lingkungan yang tidak terawat.

Saat ini, sebagian besar wilayah Indonesia sudah memasuki musim penghujan. Prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), puncak musim penghujan di wilayah DKI Jakarta akan terjadi pada awal tahun 2022.

"Wilayah DKI Jakarta diperkirakan memasuki periode puncak musim hujan pada bulan Januari – Februari mendatang," kata Koordinator Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Miming Saepudin, kepada merdeka.com, akhir pekan ini, Sabtu (11/12).

Pemerintah DKI Jakarta dan juga warga diminta mulai melakukan berbagai antisipasi menghadapi musim penghujan. Juga kemungkinan muncul bencana hidrometeorologi akibat curah hujan meningkat.

Berikut wawancara lengkap jurnalis merdeka.com Yunita Amalia dengan Koordinator Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Miming Saepudin:

banjir rob di kawasan pelabuhan sunda kelapa
©2021 Merdeka.com/Arie Basuki

Bagaimana prediksi cuaca Jakarta akhir tahun ini dan awal Tahun 2022?

Saat ini sebagian besar wilayah Indonesia telah memasuki periode musim hujan termasuk DKI Jakarta. Terutama periode DJF yang diperkirakan menjadi puncak musim hujan di sejumlah wilayah di Indonesia.

Untuk itu perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas yang cukup tinggi, frekuensi hujan yang lebih sering dan durasi hujan yang cukup panjang.

Serta beberapa wilayah dengan topografi lokal yang dominan dapat mendukung potensi pertumbuhan awan hujan, yang dapat menghasilkan hujan yang terkadang disertai dengan kilat/petir dan angin kencang.

Menurut BMKG, kapan puncak musim hujan terjadi di wilayah Jakarta?

Wilayah DKI Jakarta diperkirakan memasuki periode puncak musim hujan pada bulan Januari – Februari mendatang.

Bisa dijelaskan indikator yang digunakan BMKG untuk mengukur curah hujan?

BMKG mengklasifikasi-kan intensitas curah hujan yang terukur sebagai berikut
0.5 – 20 mm/24jam: hujan ringan
20 – 50 mm/24jam: hujan sedang
50 – 100 mm/24jam: hujan lebat
100 – 150 mm/24jam: hujan sangat lebat
>150mm/24 jam: hujan ekstrem

Dari pantauan BMKG beberapa waktu terakhir, untuk wilayah Jakarta curah hujan tertinggi pernah terjadi pada kisaran berapa?

Dari data observasi BMKG, pada tanggal 1 Januari 2020, tercatat terjadi curah hujan mencapai 377mm di wilayah Halim Perdanakusuma.

Pada musim penghujan tahun ini, apakah sudah terlihat akan terjadi intensitas hujan di atas rata-rata normal?

Pada bulan Desember - Januari 2022 pada umumnya berada pada kategori menengah - tinggi.

Prediksi terjadi curah hujan tinggi di wilayah mana saja?

Curah hujan sangat tinggi (>500mm/bulan) diperkirakan terjadi di Aceh bagian barat, Sulawesi Selatan bagian selatan, Sulawesi Tenggara bagian utara, Papua Barat bagian tengah dan Papua bagian tengah.

Apakah curah hujan di atas normal ada kaitannya dengan cuaca ektrem?

Secara klimatologis, diperkirakan bulan Desember Januari Februari menjadi periode aktif La Nina di mana hal tersebut akan memberikan latar belakang atmosfer menjadi lebih basah serta di dukung dengan faktor penggerak cuaca dari skala regional dan lokal yang memungkinkan untuk terjadi peningkatan curah hujan secara harian.

Lalu, di sebagian besar wilayah Indonesia akan masuk menjadi kategori cuaca ekstrem, pada saat intensitas curah hujan yang terukur secara harian mencapai >150mm/24jam.

Ketika masuk kategori cuaca ektrem, curah hujan mencapai berapa?

Desember 2021 - Februari 2022, curah hujan lebih dari 300 mm/bulan berpeluang terjadi Aceh, pesisir barat Pulau Sumatera, sebagian Pulau Jawa, Sebagian Kalimantan Utara, sebagian Kalimantan Tengah, sebagian Kalimantan Timur, sebagian Kalimantan Barat, Pulau Sulawesi bagian tengah, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat, dan Sebagian Papua.

Apakah Siklon Tropis atau La Nina juga mempengaruhi musim hujan tahun ini?

Secara klimatologis, saat ini sebanyak 82 persen wilayah Indonesia telah memasuki periode musim hujan, terutama periode Desember, Januari, Februari, yang diperkirakan menjadi puncak musim hujan di sejumlah wilayah di Indonesia.

Dan pada periode tersebut, juga diperkirakan menjadi periode aktif La Nina yang akan memberikan latar belakang atmosfer menjadi lebih basah serta dukungan dari faktor penggerak cuaca skala regional dan lokal seperti pembentukan pola sirkulasi siklonik, daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi, anomali suhu muka laut yang hangat, dapat memungkinkan untuk terjadi peningkatan curah hujan secara harian di sebagian besar wilayah Indonesia.

banjir rob di kawasan pelabuhan sunda kelapa
©2021 Merdeka.com/Arie Basuki

Beberapa kali peristiwa banjir di Jakarta dikaitkan dengan curah hujan di atas rata-rata. Seberapa besar kaitan dua hal itu?

Secara umum, dapat dikatakan kejadian genangan atau banjir yang terjadi di wilayah DKI Jakarta dipicu oleh curah hujan dengan intensitas tinggi (dapat mencapai intensitas lebih dari 150mm/24 jam). Lalu hujan yang terjadi dalam durasi yang cukup panjang serta kondisi lingkungan yang belum siap menerima intensitas hujan yang cukup tinggi.

Bicara banjir Jakarta pasti tidak lepas dengan curah hujan dataran tinggi di wilayah Puncak Bogor. Bagaimana prediksi puncak musim penghujan di wilayah Bogor dan sekitarnya?

Secara umum, wilayah Jabodetabek memiliki karakter musim hujan yang hampir sama. Di mana puncak musim hujan diperkirakan terjadi di periode Januari – Februari 2022 mendatang.

Namun potensi pertumbuhan awan hujan yang mampu menghasiljan hujan dengan intensitas tinggi tidaklah lepas dari pengaruh topografi lokal suatu wilayah, di mana daerah pegunungan atau dataran tinggi memiliki potensi pertumbuhan awan hujan lebih besar, terutama pertumbuhan awan hujan yang dapat menghasilkan hujan yang terkadang dapat disertai kilat atau petir yang angin kencang.

Apakah hujan ekstrem terjadi karena ketidaknormalan curah hujan?

Akumulasi curah hujan di wilayah Indonesia dapat diukur baik secara harian dan bulanan sehingga pada saat dirata-ratakan (dengan data pengamatan rentang 30 tahun) dapat menghasilkan batas normal curah hujan suatu wilayah.

Secara klimatologis, diperkirakan pada bulan Desember - Januari 2022 pada umumnya berada pada kategori menengah - tinggi. Curah hujan sangat tinggi (>500mm/bulan) diperkirakan terjadi di Aceh bagian barat, Sulawesi Selatan bagian selatan, Sulawesi Tenggara bagian utara, Papua Barat bagian tengah dan Papua bagian tengah dengan sifat hujan normal – atas normal.

Apa imbauan BMKG untuk pemerintahan DKI juga warga Jakarta guna mencegah terjadinya banjir seperti tahun-tahun sebelumnya?

Secara umum, dampak peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia dari pengaruh fenomena La Nina juga mencakup wilayah DKI Jakarta. BMKG selalu mengimbau kepada masyarakat dalam mengantisipasi potensi terjadinya bencana hidrometeorologi pada periode kejadian La Nina sebagai berikut:

1. Mengenali potensi bencana di lingkungannya dan mulai memahami cara mengurangi risiko bencana tersebut misalnya dengan tidak membuang sampah sembarangan, menata lingkungannya, dan lain-lain.

2. Tetap tenang namun tetap waspada terhadap potensi bencana terutama banjir yang sewaktu-waktu dapat terjadi, khususnya bagi masyarakat yang tinggal dan berada di daerah rawan bencana banjir atau banjir bandang.

3. Tetap mengupdate informasi prakiraan cuaca beserta potensi banjir yang dikeluarkan BMKG melalui website, akun sosial media resmi yang dikelola BMKG, serta dapat langsung datang ke kantor BMKG yang terdapat pada tiap-tiap provinsi di Indonesia. [noe]

Baca juga:
Ketar Ketir Hadapi Musim Banjir
Pemprov DKI dan Pemerintah Pusat Bahas MoU Baru Pembangunan Tanggul Laut
Isyana Bagoes Oka: Buat Apa Driver Saya Bolak-Balik di Atas Sumur Resapan
Mobil Isyana Jeblos, Lurah Curiga Sempat Bolak Balik & Ngepot di Titik Sumur Resapan
Nasib Sumur Resapan Setelah Anggaran di 2022 Dicoret DPRD DKI

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini