Amarah Gunung Soputan Mulai Mereda

Sabtu, 7 Juni 2008 14:36 Sumber :
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Aktivitas Gunung Api Soputan (1783 Meter) di antara Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dan Minahasa Tenggara (Mitra), Sulawesi Utara (Sulut), yang meletus pada tanggal 6 Juni 2008, mulai berangsur normal.

Catatan amplitudo tremor hingga saat ini mendekati 0,5 hingga satu milimeter (mm), sehingga aktivitas terus menurun, kata Kepala Pos Pengamat Gunung Soputan Maliku Minsel, Sandy Manengkey, Sabtu di Manado.

Kondisi visual gunung tersebut nampak jelas dari pos pengamatan Maliku, walaupun masih tertutup awan putih mendung, namun semburan debu dan awan panas tidak segencar aktivitas sebelumnya.

Pos pengamatan gunung masih menetapkan status siaga, guna mengantisipasi dampak buruk, yakni terjadinya gempa vulkanik susulan disertai awan panas dan debu vulkanis.

Semburan awan panas sejak kemarin hingga malam hari, tidak berdampak langsung pada masyarakat, karena hanya mengitari kawah gunung, katanya.

Hanya semburan debu vulkanis hampir mencapai 50 kilometer dari arah gunung ke bagian selatan dan utara, di Kabupaten Minsel, Minahasa Tenggara serta Minahasa.

Sebelumnya, gunung api tersebut meletus mengeluarkan debu panas pada 6 Juni 2008, pukul 09.00 wita, dengan getaran gempa dari aktivitas tersebut sangat kuat, karena sudah terjadi sebanyak 45 kali.

Bahkan skala tremor terekam mencatat fluktuasi amplitude pada posisi 20-45 milimeter (mm).(*/cax)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini