Almarhum Edi Sudrajat Meninggal Akibat Gangguan Paru-Paru

Jumat, 1 Desember 2006 19:20 Sumber :
Almarhum Edi Sudrajat Meninggal Akibat Gangguan Paru-Paru
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Mantan Menhankam/Pangab Jenderal TNI (Purn) Edi Sudrajat, meninggal dunia akibat gangguan paru-paru.

Kepala RSPAD Gatot Subroto, Brigjen TNI Djoko Riadi, dalam jumpa persnya, di rumah duka RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Jumat (01/12), mengatakan, almarhum sudah lama menderita gangguan paru-paru dan kesulitan bernafas.

"Bapak masuk ke rumah sakit pada 19 November 2006, gara-gara terpeleset di kamarnya dengan mengalami memar di dada, mata, hidung dan mulut. Saat itu ia mengalami perawatan biasa namun hingga 29 November 2006, kesehatannya terus membaik. Infus dan oksigen dilepas semua bahkan ia bisa makan sendiri," katanya.

Pada 30 November 2006, rencananya almarhum akan pulang namun tiba-tiba mengalami kesulitan menelan dan tersedak oleh makanan yang kemudian masuk ke dalam paru-paru.

"Karena bapak mengalami kesulitan menelan, dan sakit paru-parunya sudah lama, terjadi pneumonia aspirasi atau tersedak oleh makanan yang masuk ke paru-paru. Sehingga harus ditolong pernafasan buatan," katanya.

Djoko Riadi menjelaskan karena faktor usia dan kelainan paru-paru tersebut hingga mengalami kekurangan suplai oksigen dan mengakibatkan gangguan pada otak dan pernafasan.

"Selama ini, bapak tidak pernah mengeluh sakit dan baru pada 30 November 2006 bapak mengeluh sakit pada bagian dada, dan berulang kali dibantu pernafasan dengan mesin namun tidak berhasil hingga mengakibatkan bapak meninggal dunia," katanya.

Almarhum meninggalkan satu istri, Luluk Lugiati, dan empat anak Iwan Darmawan, Ita Setiawati, Iman Budiman, dan Andi Gunawan.

Almarhum kelahiran Jambi, 22 April 1938 pernah menjabat sebagai KSAD pada 1988-1993, Menhankam/Panglima TNI 1993-1998. Dan menurut rencana jenazah akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada 10.00 WIB Sabtu (02/12).

Saat ini, jenazah sudah meninggalkan RSPAD pada 16.12 WIB menuju rumah duka di Jalan Dharmawangsa, Jakarta Selatan. (*/lpk)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini