Kay Rala Xanana Gusmao

Foto:

Kay Rala Xanana Gusmao


Nama Lengkap : Kay Rala Xanana Gusmao

Alias : Xanana Gusmao

Profesi : Aktivis

Agama : Kristen

Tempat Lahir : Laleia, Manatuto, Timor Portugis

Tanggal Lahir : Kamis, 20 Juni 1946

Zodiac : Gemini

Warga Negara : Timor Leste


Istri : Emilia Batista, Kirsty Sword
Anak : Alexander Sword Gusmao ,Eugenio dan Zenilda
BIOGRAFI

Xanana Gusmao adalah seorang pemuda gerilyawan Timor Leste dalam usaha pelepasan diri dari NKRI. 

Sebelumnya ia adalah seorang pemain sepak bola dan juga wartawan. Semasa ia bergabung dengan para pejuang Timor Leste,ia menjadi seorang pemimpin gerilya selama 20 tahun di hutan dan pegunungan. 

Hingga kemudian ia tertangkap dan menjalani pemenjaraan politik selama tujuh tahun di LP Cipinang dan dibebaskan pada 7 September 1999.

Semasa aktivitasnya dalam pergerakan-pergerakan kemerdekaan, Gusmao sering terlibat dalam organisasi-organisasi revolusioner. Pada 1971, ia bergabung dengan organisasi nasionalis pimpinan Jose Ramos Horta. Pada 1975, dimana situasi politik di Timor Leste sedang terjadi konflik horizontal antar 2 faksi,  Gusmao sempat dipenjarakan oleh faksi lawan pada pertengahan 1975.

Xanana Gusmao tidak tercatat mengenyam pendidikan tinggi, diceritakan setelah lulus SMA, ia langsung bekerja serabutan. Pada usia 19, ia bertemu Emilia Batista dan langsung menikahinya pada 1965 dan dikaruniai 2 orang anak, Eugenio dan Zenilda. Lalu pada 1999, Gusmao menceraikan Emilia dan menikahi Kirsty Sword dan darinya mempunyai seorang anak bernama Alexander Sword Gusmao.

Xanana Gusmao adalah presiden perdana Negara Timor Leste yang baru merdeka pada 20 Mei 2002. Ia mendapat banyak penghargaan dari beberapa negara oleh karena pemikiran-pemikiran tentang kebebasan berpikir. Ia juga menerbitkan sebuah buku otobiografi berjudul "To Resist, To Win".

Riset dan analisa oleh Dewi Ratnaningtyas.

SOCIAL MEDIA
www.timor-leste.gov.tl

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA

Sebelumnya