Joko Widodo

Foto:

Joko Widodo


Nama Lengkap : Joko Widodo

Alias : Jokowi

Profesi : Birokrat

Agama : Islam

Tempat Lahir : Surakarta, Jawa Tengah

Tanggal Lahir : Rabu, 21 Juni 1961

Zodiac : Gemini

Hobby : Membaca | Traveling

Warga Negara : Indonesia


Istri : Iriana
BIOGRAFI

Nama Joko Widodo mulai menjadi sorotan ketika terpilih menjadi Walikota Surakarta. Awalnya publik menyangsikan kemampuan pengusaha mebel ini untuk memimpin dan mengembangkan kota Surakarta, namun beberapa perubahan penting yang dibuat untuk membangun Surakarta di tahun pertama kepemimpinannya menepis keraguan ini.

Diawali dengan branding, di bawah kepemimpinan Jokowi kota Surakarta atau yang sering disebut dengan Solo punya slogan 'Solo: The Spirit of Java' yang mendasari semangat warga Solo untuk mengembangkan kotanya. Ini bukan sekedar branding, sejak tahun 2006 lalu kota Surakarta telah menjadi anggota Organisasi Kota-kota Warisan Dunia. Dengan keanggotaan tersebut, di tahun berikutnya (2007) Solo menjadi tempat Festival Musik Dunia (FMD) yang diadakan di Benteng Vastenburg. Penyelenggaraan event ini membawa misi penyelamatan situs bersejarah karena benteng tersebut terancam akan digusur untuk kepentingan bisnis. Bahkan tahun 2008, Solo menjadi tuan rumah penyelenggara konferensi Organisasi Kota-kota Warisan Dunia ini. 

Proses relokasi pedagang barang bekas yang biasanya selalu diwarnai dengan penolakan dan protes bisa dilakukan Jokowi dengan baik karena komunikasi yang langsung dan jelas dijalin dengan masyarakat. Salah satu bentuk komunikasi tersebut adalah melalui saluran televisi lokal di mana masyarakat bisa langsung berinteraksi dengan walikotanya. Masalah lahan hijau juga menjadi perhatian Jokowi, relokasi pedagang barang bekas tersebut juga dilakukan dalam rangka revitalisasi lahan hijau di kota Solo.

Langkah besar lain yang diambil oleh Jokowi adalah menetapkan persyaratan bagi para investor untuk memperhatikan kepentingan publik dan tidak segan untuk menolak mereka jika tidak bisa mengikuti peraturan yang ada dalam kepemimpinan Jokowi. Nama Surakarta kembali menjadi perbincangan ketika para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Solo ini berhasil merakit mobil yang diberi nama Esemka. Jokowi sangat mendukung hasil yang membanggakan ini dengan ikut mengendarai mobil Esemka tersebut.

Untuk prestasinya ini Jokowi kemudian mencalonkan diri di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2012 bersama dengan Basuki Tjahaja Purnama sebagai wakilnya. Mereka berdua menjadi pasangan calon gubernur yang paling kuat berdasarkan perhitungan cepat yang dilakukan di hari pemilihan (Rabu, 11 Juli 2012), dan menjadi cagub yang paling banyak disoroti dalam Pilgub DKI 2012 ini. Namun demikian pencalonan Jokowi diwarnai dengan isu SARA yang dikeluarkan oleh Rhoma Irama dalam ceramahnya di Masjid Al'Isra Tanjung Duren Jakarta Barat. Dalam kesempatan itu, Rhoma Irama mengimbau warga agar memilih pemimpin yang seiman, dan beliau menyebutkan bahwa ibu Jokowi adalah seorang non-muslim. Pernyataan ini menuai protes keras dari publik hingga Panwaslu DKI melakukan pemeriksaan atas Rhoma Irama atas dugaan menyebarkan isu SARA.

Hasil dari kepemimpinannya sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi berhasil mengambil hati masyarakat. Kini ia maju sebagai calon presiden sebagai kandidat dari PDIP dan menggandeng Jusuf Kalla sebagai calon wakil presidennya dengan nomor urut dua. Melawan pasangan nomor urut satu Prabowo Subianto dengan wakilnya Hatta Rajasa.

Riset dan analisa oleh Somya Samita

Last Update: 11/06/2014

PENDIDIKAN
  • SMP Negeri 1 Surakarta
  • SMA Negeri 6 Surakarta
  • Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada
KARIR
  • Walikota Surakarta
  • Pengusaha mebel dan pertamanan
  • Gubernur Jakarta 2012
PENGHARGAAN
  • Nominasi World Mayor 2012
  • 10 Tokoh 2008 versi majalah Tempo
SOCIAL MEDIA
http://twitter.com/jokowi_do2

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Jumat, 15 Desember 2017 17:06:04 Jalur ganda kereta Sukabumi-Bogor ditargetkan rampung 2020

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan jalur ganda kereta api Sukabumi-Bogor akan selesai pada tahun 2020. Dia berharap, jalur kereta ini dapat mengurangi kemacetan di jalan raya Sukabumi dan menjadi alternatif untuk bepergian bagi masyarakat Sukabumi.

  • Jumat, 15 Desember 2017 08:00:00 Mengintip hasil dana desa di kecantikan ekowisata mangrove Belitung

    Ketua kelompok Cipta Lestari Kuale, Feri Gunawan menceritakan, kampungnya mendapat bantuan dana desa pada September 2016 lalu. Dana yang tak sampai Rp 100 juta ini digunakan untuk membangun tracking yang terbuat dari papan, sangat klasik. Selanjutnya, dana desa tersebut juga digunakan untuk membeli tiga kapal kecil.

  • Jumat, 15 Desember 2017 10:40:31 Rakornas PDIP bakal hadirkan ekonomi gotong royong dan atraksi budaya

    Rakornas PDIP bakal hadirkan ekonomi gotong royong dan atraksi budaya. Hasto menambahkan, guna menampilkan wajah politik yang menampilkan kebudayaan, maka Rakornas Tiga Pilar Partai yang akan dilaksanakan tanggal 16 dan 17 Desember 2017 akan dibuat berbeda.

  • Jumat, 15 Desember 2017 10:07:43 Presiden Jokowi ke Sukabumi resmikan dimulainya pembangunan rel ganda

    Presiden Joko Widodo kembali mengunjungi wilayah Sukabumi, Jawa Barat untuk meninjau pembangunan infrastruktur dan meresmikan dimulainya pembangunan rel ganda kereta api dan pembangunan sejumlah waduk di daerah itu.

  • Jumat, 15 Desember 2017 10:52:55 Presiden Jokowi resmikan pembangunan jalur ganda kereta Sukabumi-Bogor Rp 2,45 T

    Presiden mengatakan, moda kereta di jalur ini akan menekan tingkat kemacetan di jalan raya. Presiden meminta kementerian menggunakan pola padat karya dalam pengerjaannya. Hal itu diharapkan agar proyek jalur kereta dapat menyerap tenaga kerja di daerah.

  • Jumat, 15 Desember 2017 08:31:00 Jabatan Airlangga Hartarto dan larangan Jokowi

    Jabatan Airlangga Hartarto dan larangan Jokowi. Jabatan Airlangga sebagai Menteri Perindustrian di kabinet kerja Jokowi-JK pun jadi sorotan. Sebab, Jokowi pernah menegaskan bahwa para menterinya dilarang rangkap jabatan di partai politik.

  • Jumat, 15 Desember 2017 06:35:00 Menanti Jokowi ganti dua menteri

    Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto terpilih sebagai ketua umum Partai Golkar menggantikan Setya Novanto. Setnov menjadi pesakitan karena terlibat korupsi e-KTP yang diduga merugikan negara Rp 2,3 triliun.

  • Kamis, 14 Desember 2017 15:52:44 LSI Denny JA: Golkar terancam jadi 'penyanyi latar' pada Pilpres 2019

    Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengungkap Partai Golkar diramalkan hanya menjadi 'penyanyi latar' dalam Pemilu 2019. Golkar disebut tengah krisis tokoh yang bisa diusung pada pilpres nanti.

  • Kamis, 14 Desember 2017 14:38:22 Jokowi serukan negara anggota OKI tinjau kembali hubungan dengan Israel

    Jokowi mengatakan, dalam KTT OKI, Indonesia menyampaikan 6 poin penting. Pertama, OKI harus secara tegas menolak pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Solusinya, OKI harus mengakui Yerusalem Timur sebagai ibu kota Palestina.

  • Kamis, 14 Desember 2017 15:12:07 Undang Jokowi di Ultah Hanura, OSO rahasiakan kemungkinan deklarasi dukungan 2019

    Soal kemungkinan deklarasi Hanura untuk Jokowi sebagai calon Presiden 2019, OSO menolak membocorkan. OSO berdalih belum memutuskan dukungan kepada salah satu tokoh di Pilpres 2019 mendatang.

  • Kamis, 14 Desember 2017 07:05:00 Tipis harapan menanti aksi nyata negara muslim OKI dalam isu Yerusalem dan Palestina

    Tipis harapan menanti aksi nyata negara muslim OKI dalam isu Yerusalem dan Palestina. Negara OKI kemarin memutuskan menolak pengakuan AS atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

  • Rabu, 13 Desember 2017 13:42:01 Stafsus JK usul ke Jokowi galang aliansi dengan Eropa tekan Trump soal Yerusalem

    Hari ini Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa di Istanbul, Turki. Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam KTT tersebut untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

  • Rabu, 13 Desember 2017 06:00:00 5 Plus minus ekonomi Indonesia di tahun politik 2018

    Presiden Joko Widodo ( Jokowi) mengungkapkan, menjelang 2018, banyak pihak bertanya padanya akan seperti apa kondisi ekonomi di Indonesia. Sebab, saat itu merupakan tahun politik di mana sekitar 171 daerah menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak.

  • Rabu, 13 Desember 2017 06:23:43 Tiba di Istanbul, Jokowi siap bahas kemerdekaan Palestina di KTT OKI

    Tiba di Istanbul, Jokowi siap bahas kemerdekaan Palestina di KTT OKI. Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan rombongan di Bandara Internasional Attaturk disambut antara lain oleh Duta Besar RI untuk Turki Wardana.

  • Rabu, 13 Desember 2017 07:00:00 Pemindahan Ibu Kota dari Jakarta sudah di depan mata

    Pemerintah Pusat telah menugaskan Korlantas Polri untuk mengkaji aspek lalu lintas dan jalan di Pulau Kalimantan. Tugas tersebut juga langsung diperintahkan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian kepada Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa.

  • Selasa, 12 Desember 2017 17:10:54 Penyebab dana desa tak jadi naik 2 kali lipat di 2018 seperti janji Jokowi

    Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Boediarso Teguh Widodo, mengakui Presiden Jokowi pernah berjanji menaikkan dana desa sebesar dua kali lipat. Namun, hal tersebut urung dilakukan melihat realisasinya di lapangan tidak cukup masif.

  • Selasa, 12 Desember 2017 13:23:29 Ombudsman: Banyak pelaksana pelayanan publik enggan beri pelayanan tanpa alasan

    Ombudsman Jateng menyebutkan sepanjang 2017 menerima 234 pengaduan.

  • Selasa, 12 Desember 2017 13:19:28 Nyalon Ketum Golkar, Airlangga diminta mundur dari posisi menteri

    Airlangga dinilai tidak akan fokus mengemban tugasnya sebagai menteri karena pencalonannya dalam perebutan kursi orang nomor satu di Partai Golkar. Selain itu, hal itu bisa bertabrakan dengan idealisme Presiden Jokowi yang menyatakan para menteri di kabinetnya tak boleh rangkap jabatan sebagai pimpinan partai politik.

  • Selasa, 12 Desember 2017 10:56:57 Jokowi: Negara lain lihat ekonomi kita optimis, kenapa kita malah tidak?

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak semua pihak bersikap optimistis dalam menghadapi perbaikan ekonomi Indonesia. Dia menyebutkan, banyak yang berhasil dicapai oleh pemerintah sehingga Indonesia semakin dipandang oleh negara lain. Dia mengungkapkan, salah satunya adalah peringkat investment grade (laik investasi).

  • Selasa, 12 Desember 2017 10:56:57 Jokowi: Negara lain lihat ekonomi kita optimis, kenapa kita malah tidak?

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak semua pihak bersikap optimistis dalam menghadapi perbaikan ekonomi Indonesia. Dia menyebutkan, banyak yang berhasil dicapai oleh pemerintah sehingga Indonesia semakin dipandang oleh negara lain. Dia mengungkapkan, salah satunya adalah peringkat investment grade (laik investasi).

Sebelumnya