Videonya Tendang Sajen Sedekah Desa di Lereng Semeru Viral, Begini Nasib Pelaku

Selasa, 11 Januari 2022 14:21 Reporter : Rizka Nur Laily M
Videonya Tendang Sajen Sedekah Desa di Lereng Semeru Viral, Begini Nasib Pelaku Pria buang sajen sedekah desa di Lumajang. ©2022 Merdeka.com/Twitter Sam Setiawan

Merdeka.com - Beberapa waktu lalu, video yang menunjukkan seorang pria berperilaku intoleran dengan menendang sajen sedekah desa yang diduga berada di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, viral di media sosial.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Lumajang Thoriqul Haq menegaskan bahwa pelaku bukan warga Lumajang.

"Saya pastikan bukan orang Lumajang, ini orang yang datang dari luar," tutur Cak Thoriq, sapaan akrab Bupati Lumajang, Minggu (9/1/2022).

2 dari 3 halaman

Minta Klarifikasi

Cak Thoriq mengungkapkan, aksi pelaku menendang sajen yang berujung viral di media sosial itu berpotensi mengganggu kestabilan sosial masyarakat Lumajang.

"Teman-teman baik aparat maupun relawan, dari mana atau identitas orang itu, saya minta untuk segera dicari dan segera melakukan klarifikasi supaya ini tidak mengganggu kami yang saat ini damai," tegasnya, dikutip dari laman resmi Portal Berita Pemerintah Kabupaten Lumajang.

Lebih lanjut, ia berharap peristiwa tersebut tidak mengganggu kedamaian antarumat beragama di Kabupaten Lumajang.

"Saya ingin ini tidak berlarut-larut, harus segera ada langkah-langkah untuk melakukan pemahaman kembali terhadap relawan yang datang di Kabupaten Lumajang itu dengan unsur kemanusiaan," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Identitas Pelaku

Melengkapi informasi dari Bupati Lumajang, akun Instagram @kedirimillenial mengungkapkan bahwa pelaku yang menendang sajen di lokasi terdampak bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru bukan warga Lumajang.

Pria yang tampak mengenakan rombi hitam dan tudung kepala saat melakukan aksi intoleran itu diduga berasal dari Nusa Tenggara Barat.

“Identitas laki-laki yang membuang dan menendang sesajen di lokasi terdampak erupsi Semeru kini terungkap. Menurut informasi yang beredar di media sosial, laki-laki penendang sesajen di Lumajang tersebut diduga berasal dari NTB,” tulis @kedirimillenial, Selasa (11/1).

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini