Video Uang Rp100 Ribu Jadi Viral, Penampakannya Indah di Kegelapan

Selasa, 28 Juni 2022 10:09 Reporter : Astuti Dwi Ramadhani
Video Uang Rp100 Ribu Jadi Viral, Penampakannya Indah di Kegelapan keindahan uang 100ribuan di kegelapan. ©2022 Merdeka.com/tiktok.com

Merdeka.com - Tik Tok adalah salah satu media sosial yang tengah booming belakangan ini. Tak heran, media sosial berbasis video ini memang menyuguhkan informasi menarik tentang berbagai hal. Salah satunya tentang uang.

Bukan soal bagaimana cara memperoleh banyak uang, namun video viral yang diunggah akun @kucingperempuanine ini menunjukkan keindahan uang pecahan Rp100 ribuan di kegelapan.

Dalam video viral tersebut, ia menggunakan lampu UV untuk menyoroti uang-uang tersebut. Siapa sangka, saat disorot dengan lampu UV, uang tersebut menunjukkan gambar indah. Berikut potretnya.

2 dari 3 halaman

Disorot dengan Lampu UV

keindahan uang 100ribuan di kegelapan

©2022 Merdeka.com/tiktok.com

Dalam video tersebut, tampak beberapa uang kertas mulai dari pecahan Rp50 hingga Rp100 ribu. Tak hanya itu, seseorang dalam video tersebut tampak memegang sebuah lampu UV berwarna ungu. Lalu, lampu itu diarahkan ke beberapa lembar uang tersebut.

Indah di Kegelapan

keindahan uang 100ribuan di kegelapan
©2022 Merdeka.com/tiktok.com

Siapa sangka, saat mendekatkan lampu UV ke arah uang-uang tersebut, muncul beberapa gambar yang sebelumnya tidak terlihat dengan mata telanjang. Warna yang muncul di setiap gambarnya pun tampak berbeda meski cahaya lampu UV yang digunakan berwarna ungu.

3 dari 3 halaman

Bikin Kagum

keindahan uang 100ribuan di kegelapan
©2022 Merdeka.com/tiktok.com

Rupanya hal ini membuat perekam video merasa kagum dengan keindahan uang Rp100 ribu di kegelapan. Pasalnya, ia tak mengira jika alat tukar yang biasa kita gunakan ini ternyata memiliki keindahan di tengah kegelapan yang tak kita ketahui sebelumnya. Video ini viral dan dibanjiri komentar warganet.

100rb bagus bgt emang, apalagi kalo ada banyak di dompet gue,” tulis akun @naaa.

Keren bet njir pen nyoba tapi ga punya lampunya,” tulis akun @RITZA.

Kenapa banyak yg baru tau. Sejak lama kan begitu. Kasir2 mini market ngecek uang asli kan gini caranya sejak jaman majapahit,” tulis akun @OkiAndrealasson.

Pendeteksi Keaslian

keindahan uang 100ribuan di kegelapan

©2022 Merdeka.com/tiktok.com

Bukan hal baru, ternyata metode menyinari uang ini difungsikan sebagai pendeteksi keaslian. Konon, rupiah adalah mata uang paling aman karena memiliki tiga level sistem pengamanan yang sangat kompleks.

Level 1 tentu saja dilihat, diraba, diterawang. Level 2, pengamanan uang yang dapat dideteksi dengan alat sederhana misalnya lampu ultraviolet atau kaca pembesar. Level 3, pengamanan yang hanya dapat dideteksi memakai mesin sortasi dari Bank Sentral atau peralatan laboratorium.

[asr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini