Tips Mencegah Jerawat Datang Lagi yang Perlu Diketahui, Jaga Pola Makan

Jumat, 1 Juli 2022 06:00 Reporter : Edelweis Lararenjana
Tips Mencegah Jerawat Datang Lagi yang Perlu Diketahui, Jaga Pola Makan ilustrasi jerawat. © pexels.com/Ron Lach

Merdeka.com - Jika wajah Anda rentan berjerawat, Anda pasti tertarik untuk mencari tahu apa saja tips mencegah jerawat datang lagi yang ampuh dan efektif. Karena, Anda pasti sudah pernah merasakan betapa sulitnya mencoba menyembuhkan kulit dari jerawat dan bekas-bekasnya.

Wajah bebas jerawat tentu adalah dambaan semua orang. Namun, beberapa orang memang memiliki kulit yang lebih mudah terserang jerawat daripada yang lainnya. Untuk itu, jerawat seringkali terasa seperti datang bertubi-tubi tanpa henti.

Tetapi tahukah Anda bahwa ada beberapa tips mencegah jerawat datang lagi yang cukup mudah diaplikasikan? Ya, ada langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terbentuknya jerawat baru dan memutus siklus jerawat yang sering kali datang tanpa henti.

Anda dapat mengupayakan dan menjaga kulit agar tetap sehat dan terhindar dari kemunculan jerawat. Berikut ulasan selengkapnya, dilansir dari healthline.com dan medicalnewstoday.com.

2 dari 3 halaman

1. Cuci Muka 2 Kali Sehari

Tips mencegah jerawat datang lagi yang pertama adalah dengan mencuci muka 2 kali sehari secara rutin. Jerawat memang bukan merupakan hasil dari wajah yang kotor. Namun, penting untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih dari kulit dengan mencucinya secara teratur.

Anda bisa menggunakan pembersih muka berbahan ringan dan air hangat. Jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembap bebas minyak setelah mencuci muka untuk mencegah kulit menjadi terlalu kering. Perlu diperhatikan pula, bahwa mencuci muka secara berlebihan dapat menyebabkan kulit menjadi kering, yang dapat memperburuk jerawat Anda.

2. Usap Wajah Secara Perlahan

Tips mencegah jerawat datang lagi yang kedua adalah dengan mengusap wajah secara lembut dan perlahan saja. Banyak orang yang suka menggosok kulit wajah dengan handuk berserat atau waslap. Padahal, hal ini dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan peradangan, yang membuat jerawat semakin parah dan tak mau hilang.

Menerapkan praktik memberishkan wajah yang lembut dengan tangan bersih atau sikat lembut yang ditujukan untuk digunakan pada wajah dapat membantu mencegah jerawat datang kembali.

3. Jaga Kebersihan Rambut

Tips mencegah jerawat datang lagi yang ketiga adalah dengan menjaga kebersihan rambut Anda. Jika minyak berlebih di rambut mengalir ke kulit, hal itu bisa menimbulkan jerawat dan atau memperburuk jerawat yang sudah ada.

Mencuci rambut secara teratur dapat menghentikan perkembangan jerawat, terutama di dekat garis rambut. Perlu diperhatikan juga, jangan menggunakan produk seperti gel rambut atau semprotan rambut pada wajah. Karena produk-produk tersebut dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat muncul kembali.

3 dari 3 halaman

4. Batasi Penggunaan Makeup

Tips mencegah jerawat datang lagi adalah dengan batasi penggunaan makeup. Meskipun godaan menggunakan makeup untuk menutupi jerawat sangatlah besar, ketahuilah bahwa hal ini justru dapat menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat baru.

Jika Anda tidak ingin menghilangkan makeup sepenuhnya dari rutinitas kecantikan harian Anda, pilihlah alas bedak atau concealer yang noncomedogenic dan bebas pewangi sehingga kulit Anda tidak semakin teriritasi. Pastikan juga untuk selalu membersihkan makeup dengan lembut sebelum tidur.

5. Jaga Pola Makan

Tips mencegah jerawat datang lagi yang kelima adalah dengan menjaga pola makan. Hindari makanan-makanan tertentu yang dapat berkontribusi sebagai faktor penyebab jerawat.

Beberapa makanan yang diketahui dapat berpengaruh pada kondisi kulit seperti jerawat adalah makanan yang diproses, produk susu, alkohol, dan gula. Mengurangi asupan makanan ini atau menerapkan diet anti-jerawat dapat membantu meringankan jerawat Anda.

Jika pengurangan makanan-makanan ini masih belum begitu membantu menekan pertumbuhan jerawat, Anda dapat mencoba diet eliminasi untuk mengidentifikasi penyebabnya dengan lebih jelas. Biasanya, diet eliminasi melibatkan pemangkasan gluten, susu, telur, kedelai, makanan cepat saji, dan alkohol selama 23 hari.

Setelah 23 hari, Anda dapat mulai memasukkan makanan ini kembali ke dalam diet harian secara satu per satu, dan mencatat setiap perubahan yang terjadi pada kulit Anda. Tips ini dapat membantu mengidentifikasi apa saja jenis makanan yang memicu jerawat di kulit Anda.

6. Gunakan Retinoid Topikal

Tips mencegah jerawat datang lagi yang keenam adalah dengan menggunakan retinoid topikal. Retinoid topikal adalah produk yang mengandung obat-obatan yang berasal dari vitamin A. Dokter kulit biasa meresepkannya untuk mengatasi dan mencegah jerawat. Perawatan ini juga dapat menghilangkan sel kulit mati yang berlebihan dan mengurangi peradangan.

Kebanyakan retinoid topikal hanya tersedia dengan resep dokter, termasuk tretinoin (Retin-A, Renova), dan tazarotene (Tazorac). Untuk itu, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spKK untuk identifikasi dan saran lebih lanjut.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini