Semua Kompetisi Sepak Bola di Jatim Dihentikan Sementara, Ini Penjelasan Asprov PSSI

Kamis, 6 Oktober 2022 09:44 Reporter : Rizka Nur Laily M
Semua Kompetisi Sepak Bola di Jatim Dihentikan Sementara, Ini Penjelasan Asprov PSSI Pemain Arema FC tabur bunga untuk korban tragedi Kanjuruhan. ©Juni Kriswanto/AFP

Merdeka.com - Asosiasi Provinsi Persatuan Sepak Bola seluruh Indonesia Jawa Timur (Asprov PSSI Jatim) menghentikan sementara seluruh kompetisi sepak bola di wilayah setempat.

"Kami menghentikan sementara aktivitas kompetisi Liga 3 PSSI Jawa Timur dan turunannya, termasuk Piala Soeratin yang saat ini sedang berputar di Asosiasi Kabupaten/Kota di Jatim," ujar Sekretaris Asprov PSSI Jatim Dyan Puspito Rini, melalui keterangan tertulis di Surabaya, Rabu (5/10) malam.

Keputusan ini diambil sebagai tindak lanjut arahan pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD tentang penghentian aktivitas kompetisi sepak bola Liga 1, 2 dan 3 hingga ada pemberitahuan lebih lanjut.

2 dari 3 halaman

Jalankan Instruksi

ilustrasi sepak bola

walesonline.co.uk

Sekretaris Asprov PSSI Jatim itu mengungkapkan, keputusan pemberhentian segala kompetisi sepak bola di Jawa Timur itu sekaligus bentuk hormat terhadap upaya investigasi yang sedang dilakukan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) terkait Tragedi Kanjuruhan.

Dia meminta semua Asosiasi Kabupaten/Kota untuk menjalankan instruksi tersebut tanpa terkecuali.

"Penghentian sementara ini termasuk turnamen kelompok umur. Piala Soeratin saya minta dihentikan selama satu minggu. Setelah itu bisa digelar kembali setelah ada koordinasi dengan pihak keamanan," ujar Ririn, sapaan akrabnya.

3 dari 3 halaman

Investigasi

tragedi kanjuruhan
©YouTube/Liputan6

Ia berharap proses investigasi Tragedi Kanjuruhan bisa segera tuntas dan menghasilkan yang terbaik untuk sepak bola Nasional.

"Seperti yang kami sampaikan sejak awal, kami sangat mendukung upaya investigasi yang dilakukan pemerintah demi kemajuan sepak bola Indonesia ke depan," kata dia, dikutip dari Antara.

Berdasarkan jadwal, Asprov PSSI Jatim harusnya menggelar manager meeting untuk kompetisi Liga 3 pada Rabu kemarin.

Namun, atas perintah Ketua Asprov PSSI Jatim Ahmad Riyadh, manager meeting ditunda dan Liga 3 Jatim tidak bergulir hingga waktu yang tidak bisa ditentukan.

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini