Sempat Viral, Begini Kondisi Kakek yang Rawat Cucu Selama 17 Tahun di Kontrakan Kumuh

Rabu, 20 Mei 2020 09:35 Reporter : Rizka Nur Laily M
Sempat Viral, Begini Kondisi Kakek yang Rawat Cucu Selama 17 Tahun di Kontrakan Kumuh ilustrasi Facebook/SJ Echo ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kisah kakek Nanang di Perak Barat, Kota Surabaya, Jawa Timur yang tidak masuk data penerima bantuan sosial (bansos) sempat viral di media sosial. Selama 17 tahun terakhir ia merawat cucunya yang sedang sakit di indekos tak layak huni.

Dikutip dari Antara (19/5), kakek Nanang akhirnya mendapatkan bansos dari pemerintah. Bantuan itu diperoleh hanya berselang satu hari sejak kabar mengenai kondisi keluarganya tersebar di jagat maya.

1 dari 4 halaman

Akhirnya Dapat Bantuan

ilustrasi sembako

ilustrasi ©2020 Merdeka.com/bukalapak.com

Kakek yang sudah lama menduda itu kini sudah tercantum sebagai salah satu penerima bantuan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dari pemerintah. Sehingga, setiap bulannya nanti akan menerima paket bantuan sembako senilai Rp200 ribu dari Kementerian Sosial. Serta tambahan bantuan suplemen pangan senilai Rp100 ribu.

"Kami bersyukur dan berterima kasih sekali atas respons cepat dari pihak kelurahan dan Dinas Sosial Surabaya yang sudah membantu mendapatkan bansos buat Pak Nanang Sopedarto (53) dan cucunya Diva Nabila," kata Ketua Komunitas Tolong Menolong Daniel Lukas Rorong saat mendampingi Nanang mengambil bansos di Balai RW Perak Utara, Selasa, dikutip dari Antara.

2 dari 4 halaman

Meringankan Beban Hidup

dan saling tolong menolong

ilustrasi ©2018 www.pixabay.com

Setelah pemberitaan mengenai kakek Nanang viral di media sosial, sehari kemudian namanya masuk dalam daftar penerima bantuan KKS. Daniel mengaku bersyukur sekali atas respons cepat dari pemerintah daerah. Bantuan yang diperoleh kakek Nanang akan mengurangi beban hidup keluarganya.

Selain itu, pihak Kelurahan Perak Barat saat ini juga sedang memproses akta kelahiran Diva Nabila. Nantinya nama Diva akan dimasukkan di Kartu Keluarga (KK) kakeknya.

3 dari 4 halaman

Penanganan Medis untuk Diva

011 hikmah wilda amalia

ilustrasi ©2015 Merdeka.com

Selanjutnya, relawan kemanusiaan ini berharap adanya penanganan medis terhadap penyakit yang diderita oleh Diva Nabila. Termasuk pembuatan dan pengurusan kartu BPJS Kesehatan secara gratis.

Sudah 17 tahun ini, Diva Nabila hanya berbaring di ranjang dengan kondisi tergolek lemah. Ia menderita penyakit cerebral palsy sejak usianya masih 6 bulan.

4 dari 4 halaman

Kontrakan Tak Layak Huni

ilustrasi perumahan

ilustrasi ©2020 Merdeka.com/propertyinside.id

Menurut penjelasan Daniel, kondisi kontrakan di kawasan Jalan Ikan Gurami, Kelurahan Perak Barat, Kecamatan Krembangan, Surabaya yang ditinggali keluarga miskin ini sudah tak layak huni. Selain kumuh dan pengap, juga tidak tersedia septic tank.

Bahkan saluran air di kontrakan itu sudah tidak berfungsi. Sehari-hari, kakek Nanang harus menimba air menggunakan ember dari sumur tetangga.

"Kami sendiri sebenarnya sudah siap untuk melakukan bedah rumah seperlunya, termasuk pembuatan septic tank di kontrakan Pak Nanang. Tapi kalau memang keluarga ini bisa direlokasi ke rumah susun milik pemerintah, itu jauh lebih baik," katanya.

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini