Selalu Jaga Jarak, Ini 5 Potret Ibadah Haji di Tengah Masa Pandemi

Sabtu, 1 Agustus 2020 14:38 Reporter : Vinna Wardhani
Selalu Jaga Jarak, Ini 5 Potret Ibadah Haji di Tengah Masa Pandemi Ibadah Haji Di Tengah Pandemi. ©2020 Merdeka.com/AFP

Merdeka.com - Pandemi corona masih terus terjadi di berbagai belahan dunia. Terbaru, Korea Utara baru saja mengumumkan kasus infeksi pertamanya.

Di Indonesia sendiri setiap harinya masih terus terjadi lonjakan penambahan kasus infeksi. Total kasus di Indonesia sampai saat ini sudah mencapai 100.000 lebih kasus infeksi.

Kondisi yang masih terus bergelut dengan pandemi ini membuat beberapa kebijakan diterapkan. Bertepatan dengan perayaan Idul Adha, sejumlah wilayah menerapkan jaga jarak dalam aktifitas salat.

Di Tanah Suci, social distancing menjadi protokol yang terus diterapkan di setiap kegiatan jemaah haji. Berikut beberapa potret ibadah haji di tengah masa pandemi yang berhasil merdeka rangkum.

1 dari 5 halaman

Kabah Disterilkan

ibadah haji di tengah pandemi

©2020 Merdeka.com/AFP

Sebelum menerima jemaah haji, daerh di sekitar Ka'bah disterilkan terlebih dahulu. Kebersihan Ka'bah lebih diutamakan guna mencegah persebaran virus. Jumlah jemaah haji yang diperbolehkan untuk memasuki Ka'bah pada tahun ini juga dibatasi. 

2 dari 5 halaman

Berdoa dengan Menjaga Jarak

ibadah haji di tengah pandemi

©2020 Merdeka.com/AFP

Dalam proses peribadahan, para jemaah haji wajib untuk selalu memperhatikan jarak. Tak lagi rapat, para jemaah haji berdoa dengan berjarak berjauhan satu sama lain. Masker juga tak lupa untuk digunakan sebagai langkah antisipasi dari infeksi virus corona.

3 dari 5 halaman

Tawaf

ibadah haji di tengah pandemi

©2020 Merdeka.com/AFP

Prosesi beribadah yang harus dilakukan jemaah haji salah satunya adalah Tawaf. Biasanya terlihat begitu sesak dan saling himpit, prosesi tawaf di tengah pandemi kali ini sangat berbeda.

Jumlah jemaah yang melakukan tawaf terlihat lebih sedikit. Bahkan saat mengelilingi Ka'bah para jemaah juga harus berjalan dengan menjaga jarak.

4 dari 5 halaman

Lempar Jumrah

ibadah haji di tengah pandemi

©2020 Merdeka.com

Lempar Jumrah juga menjadi salah satu prosesi ibadah yang dilakukan para jemaah haji. Jika biasanya para jemaah terlihat berkumpul, kali ini para jemaah haji terlihat tertib dengan aturan jaga jarak. Terdapat tanda pijak di lantai untuk mempermudah para jemaah dalam mengatur jarak satu sama lain.

5 dari 5 halaman

Bantuan Petugas Saat Tawaf

ibadah haji di tengah pandemi

©2020 Merdeka.com/thenational.ae

Meski pelaksanaan haji tahun ini diperketat dengan jaga jarak, petugas tetap membantu para jemaah yang membutuhkan pertolongan. Terlihat seorang jemaah haji duduk di kursi roda sementara petugas membantu mendorongnya saat tawaf.

[vna]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini