Puluhan Kendaraan Dinas Pertanian dan Perikanan Madiun Hilang, Begini Kronologinya

Rabu, 12 Januari 2022 12:23 Reporter : Rizka Nur Laily M
Puluhan Kendaraan Dinas Pertanian dan Perikanan Madiun Hilang, Begini Kronologinya Ilustrasi kendaraan dinas. ©2022 Merdeka.com/Dok. Kemenag RI

Merdeka.com - Sebanyak 23 unit kendaraan bermotor milik Dinas Pertanian dan Perikanan hilang. Temuan ini merujuk pada laporan hasil pemeriksaan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) atas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Madiun tahun 2020. 

Berdasarkan hasil pemeriksaan fisik, 23 kendaraan bermotor senilai Rp78.500.000,00 dengan tahun perolehan tahun 1994 sampai dengan 2007 belum dapat ditunjukkan keberadaannya. 

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun, Sodik Heri Purnamo mengatakan bahwa pihaknya kesulitan menelusuri puluhan kendaraan bermotor tersebut.

“Gimana mau mencari, nomor rangka, nomor mesin saja sudah enggak ada apa lagi. Pelat nomornya sudah hilang,” tutur Sodik, Selasa (11/01/2021). 

2 dari 2 halaman

Tempuh Langkah Ini

ilustrasi kendaraan dinas©2022 Merdeka.com/Dok. Kemenag RI

Sodik mengaku tidak tahu keberadaan puluhan kendaraan bermotor tersebut. Pasalnya, kehilangan kendaraan bermotor itu merupakan catatan dari tahun-tahun sebelumnya.

“Itu kan dari puluhan tahun yang lalu, kita tidak mau mempermasalahkan yang lama,” ujarnya, mengutip dari akun Instagram @madiun_info. 

Selanjutnya, pihak Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun akan melakukan konsensus dengan Inspektorat dan Badan Aset untuk menghapus puluhan kendaraan bermotor yang hilang tersebut. 

“Kita mengusulkan dilakukan penghapusan aset yang hilang. Kita akan segera mengajukan ke Inspektorat,” imbuhnya. 

Sodik mengindikasikan hilangnya aset kendaraan bermotor disebabkan adanya peleburan satuan kerja atau OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Madiun. 

“Saat peleburan dinas pertanian, dinas peternakan saat itulah mungkin catatan neracanya hilang,” pungkasnya. 

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini