Potret Odekta Naibaho, Atlet Maraton yang Akhiri 11 Tahun Paceklik Emas di SEA Games

Kamis, 19 Mei 2022 11:11 Reporter : Astuti Dwi Ramadhani
Potret Odekta Naibaho, Atlet Maraton yang Akhiri 11 Tahun Paceklik Emas di SEA Games Odekta Naibaho. ©2022 Merdeka.com/instagram.com

Merdeka.com - Kabar bahagia sekaligus membanggakan kali ini kembali datang dari perhelatan pesta olahraga Asia Tenggara, SEA Games 2021. Beberapa jam yang lalu, Indonesia kembali menambah perolehan medali emas yang ke-37.

Kali ini emas dipersembahkan oleh Odekta Naibaho, atlet maraton putri Indonesia. Dengan kemenangan ini, Odekta Naibaho juga mengakhiri 11 tahun paceklik emas di cabang maraton putri.

Sebelumnya, pada SEA Games Filipina 2019, Odekta Naibaho mempersembahkan medali perunggu dari maraton nomor 10.000 meter. Hal ini pun ia dapat dengan penuh usaha usai pingsan pada nomor full marathon.

Fakta bahwa kini ia sukses mengakhiri 11 tahun pacekelik emas marathon putri, hal ini tentunya sangat membanggakan. Berikut potret Odekta Naibaho, atlet maraton yang akhiri 11 tahun paceklik emas di SEA Games.

2 dari 3 halaman

Awal Karier

odekta naibaho
©2022 Merdeka.com/instagram.com

Odekta Naibaho mengawali kariernya di dunia maraton saat duduk di bangku SMA. Saat itu, ia memutuskan untuk menekuni olahraga lari ini karena terinspirasi oleh atlet seniornya, Triyaningsih. Sejak saat itu, Odekta pun mulai berlari.

Akhiri 11 Tahun Paceklik Emas SEA Games

odekta naibaho
©2022 Merdeka.com/instagram.com

Mengawali kariernya karena terinspirasi dari Triyaningsih, menariknya ia juga yang akhirnya berhasil mengakhiri paceklik emas SEA Games yang juga diraih oleh idolanya, Triyaningsih dalam 11 tahun terakhir. Wah keren ya.

3 dari 3 halaman

Raih Perunggu di SEA Games 2019

odekta naibaho

©2022 Merdeka.com/instagram.com

Di SEA Games 2029, Odekta mempersembahkan medali perunggu untuk Indonesia dari nomor 10.000 meter. Sebelumnya di nomor full marathon, medali emas sesungguhnya juga sudah di depan mata. Namun sayangnya, saat itu ia pingsan karena mengalami heatstroke di 600 meter terakhir. Namun akhirnya ia bisa membayar lunas kegagalannya di tahun 2019 lalu.

Jadi Harapan di Olimpiade Paris 2024

odekta naibaho

©2022 Merdeka.com/instagram.com

Telah mengantongi segudang prestasi di dunia atletik, khususnya lari, Odekta Naibaho pun menjadi harapan besar bagi dunia atletik Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 nanti. Meski usianya telah menginjak 30 tahun, Odekta juga diharapkan dapat kembali berjaya di SEA Games 2023 yang akan diadakan di Kamboja. [asr]

Baca juga:
Kenangan Eks Pemain Timnas Digembleng ala TNI Sampai Mau Nangis, Hasilnya Raih Emas
Lihat Aksi Nikita Fima si 'Putri Duyung', Tanpa Napas Menyelam 137 Meter Bikin Salut
Prestasi Pebulutangkis Bilqis Prasista Jadi Omongan, Ternyata Anak Seorang Legenda
Kalahkan Pemain Peringkat 1 Dunia di Uber Cup, Ini 4 Fakta Bilqis Prasista
NasDem Kritik Kemenpora Tak Berangkatkan Sutjiati Dkk ke SEA Games 2021

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini