Potret Area Jogging di Tuban Rusak Parah Diterjang Ombak, BMKG Beri Imbauan Ini

Rabu, 25 Mei 2022 11:25 Reporter : Rizka Nur Laily M
Potret Area Jogging di Tuban Rusak Parah Diterjang Ombak, BMKG Beri Imbauan Ini Potret area jogging di Tuban rusak kena banjir rob. ©2022 Merdeka.com/Instagram @info_tuban

Merdeka.com - Area jogging di kawasan Mangrove Center, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, rusak parah akibat banjir rob yang terjadi di wilayah setempat pada Senin (23/5/2022).

Fasilitas olahraga yang berada tepat di bibir pantai itu porak-poranda. Area jogging berwarna hijau itu pecah menjadi bagian-bagian kecil hingga tak tampak lagi wujud aslinya.

Menurut keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geosifika (BMKG) Tuban, saat itu ombak di pesisir Jawa Timur mencapai 1,25 hingga 2,5 meter.

2 dari 3 halaman

Imbauan BMKG

Senin itu, banjir rob terjadi di sepanjang pantai Kabupaten Tuban lantaran mengalami pasang surut tertinggi.

“Maka dari itu, ada peringatan dini dari BMKG Tuban untuk menjauhi aktivitas di pesisir pantai mulai 23-25 Mei sebab diprediksi akan terjadi pasang maksimum dan gelombang tinggi,” tulis akun Instagram @info_tuban, Selasa (24/5).

Dalam video-video yang diunggah akun Instagram @info_tuban, tampak beberapa daerah pesisir mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan akibat terjangan banjir rob. Bahkan, air juga masuk ke rumah-rumah warga yang terletak di pesisir.

3 dari 3 halaman

Cerita Warga Pesisir

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh INFO TUBAN (@info_tuban)

 

Seorang warganet yang selama ini tinggal di kawasan pesisir Tuban menuturkan, setidaknya selama 50 tahun terakhir, baru kali ini terjadi banjir rob parah hingga airnya masuk ke dalam rumah warga.

“Ibuku rumahnya pesisir, sudah 50 tahun lebih baru kali ini banjir rob parah hingga masuk rumah,” ungkap pemilik akun Instagram bernama @ltfagstn.

“Itu lautnya marah karena banyak sampah yang numpuk di sekitar pantai boom dan pantai lain-lain,” komentar @ifann_h98.

“Pembelajaran yang selalu dilupakan oleh Pemerintah Tuban, kejadian ini sering terjadi. Di perbatasan Tuban-Rembang, rumah-rumah rusak kena abrasi laut tapi pemerintah tutup mata. Warga sudah melakukan pencegahan abrasi dengan bamboo atau karung sak berisi pasir dan batu,” tulis @m_s_ikbal. [rka]

Baca juga:
Banjir Rob dan Teguran Megawati untuk Ganjar Pranowo
Banjir Rob di Semarang, Tanggul Laut Jebol Sepanjang 20 Meter
Tangani Banjir Rob Semarang, Ribuan Karung Pasir dan 32 Pompa Disiagakan
Pantau Banjir Rob Semarang, Ganjar Pastikan Pembuatan Tanggul Selesai Hari Ini
Penjelasan BMKG Penyebab Banjir Rob Semarang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini