Peristiwa 13 April, Terjadinya Pembantaian Amritsar di India oleh Tentara Inggris

Selasa, 13 April 2021 05:00 Reporter : Edelweis Lararenjana
Peristiwa 13 April, Terjadinya Pembantaian Amritsar di India oleh Tentara Inggris Kuil Emas Amritsar. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Pembantaian Amritsar atau yang juga disebut Pembantaian Jallianwala Bagh adalah sebuah insiden yang pada 13 April 1919, di mana pasukan Inggris menembaki kerumunan besar orang India yang tidak bersenjata di ruang terbuka yang dikenal sebagai Jallianwala Bagh di Amritsar di wilayah Punjab (sekarang di negara bagian Punjab) di India.

Insiden ini menewaskan beberapa ratus orang dan melukai ratusan lainnya. Pembantaian Amritsar menandai titik balik dalam sejarah modern India, karena meninggalkan bekas luka permanen pada hubungan India-Inggris dan merupakan awal dari komitmen penuh Mohandas (Mahatma) Gandhi untuk perjuangan nasionalisme India dan kemerdekaan dari Inggris.

Sebagian besar dari korban yang terbunuh adalah warga nasionalis India yang sedang mengadakan pertemuan untuk memprotes wajib militer paksa pemerintah Inggris atas tentara India dan pajak perang yang berat yang dikenakan terhadap rakyat India. Berikut sejarah lengkap dari peristiwa Pembantaian Amritsan India, 13 April 1919.

Baca Selanjutnya: Latar Belakang Peristiwa...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini