5 Penyebab Katarak di Usia Muda, Kenali Faktor Risikonya untuk Pencegahan Sejak Dini

Jumat, 20 November 2020 17:00 Reporter : Edelweis Lararenjana
5 Penyebab Katarak di Usia Muda, Kenali Faktor Risikonya untuk Pencegahan Sejak Dini Ilustrasi mata. ©Shutterstock.com/RTimages

Merdeka.com - Katarak adalah salah satu penyebab kebutaan yang paling besar di dunia. Katarak adalah pengembangan dari keadaan tidak tembus cahaya dalam lensa mata, dan mengakibatkan lensa mata menjadi keruh. Seiring bertambahnya usia, ada gangguan dalam struktur lensa dan akumulasi pigmen.

Katarak ditandai dengan adanya gangguan penglihatan (kabur atau mendung), penurunan tajam penglihatan secara progresif, membutuhkan lebih banyak cahaya untuk melihat hal-hal yang jelas, silau, perubahan persepsi warna, kurangnya kontras atau distorsi kekuningan.

Masyarakat Indonesia memiliki kecenderungan menderita katarak 15 tahun lebih cepat dibandingkan penderita di daerah subtropis. Sekitar 16% sampai 22% penderita katarak yang dioperasi berusia di bawah 55 tahun. Hal ini diduga berkaitan erat dengan faktor degeneratif akibat masalah gizi, mengutip dari Publikasi Politeknik Kesehatan Palembang.

Katarak terus berkembang seiring waktu, menyebabkan kerusakan penglihatan secara progresif (Nash, 2013). Jenis katarak yang paling sering ditemukan dalam masyarakat adalah katarak senilis. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai penyebab katarak di usia muda yang perlu Anda ketahui.

Baca Selanjutnya: Penyakit Katarak...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini