Penyebab Gangguan Kecemasan saat Hamil dan Cara Tepat Mengatasinya

Senin, 31 Agustus 2020 13:30 Reporter : Edelweis Lararenjana
Penyebab Gangguan Kecemasan saat Hamil dan Cara Tepat Mengatasinya Ilustrasi Hamil. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Kehamilan adalah saat yang menyenangkan bagi kebanyakan ibu dan calon orang tua, tetapi juga disertai dengan kekhawatiran, kecemasan, dan sejumlah gejala liar yang menyebabkan semua jenis perubahan baik secara mental maupun fisik bagi wanita yang mengandung anak. Kadang-kadang, semua perubahan ini bisa berdampak besar bagi ibu baru dan kehamilannya.

Merasa cemas saat hamil bukanlah hal yang aneh dan sama sekali tidak abnormal. Ada begitu banyak faktor yang berperan sehingga kecemasan adalah reaksi yang sangat normal terhadap semua perubahan hidup, perubahan tubuh, dan bahkan kadar hormon yang mendatangkan bahaya pada calon orang tua.

Beberapa ibu yang sudah mengalami kecemasan atau perjuangan dengan kondisi kesehatan mental lainnya memiliki respons yang berbeda-beda terhadap kehamilan. Setiap wanita berbeda, setiap tubuh berbeda, dan bahkan setiap kehamilan yang dialami seorang wanita dapat dan akan berbeda dalam efek dan gejalanya.

Mengutip dari betterhelp.com, berikut adalah penjelasan mengenai penyebab gangguan kecemasan saat hamil dan bagaimana langkah yang tepat untuk mengatasinya.

Baca Selanjutnya: Gangguan Kecemasan Awal Kehamilan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini