Penyaluran Ribuan Hewan Kurban di Berbagai Daerah Jatim, Sapi Kambing Diangkut Perahu

Selasa, 12 Juli 2022 11:05 Reporter : Rizka Nur Laily M
Penyaluran Ribuan Hewan Kurban di Berbagai Daerah Jatim, Sapi Kambing Diangkut Perahu Laznas BHM salurkan ribuan hewan ternak hingga pelosok Jatim. ©2022 Merdeka.com/Dok. Laznas BMH

Merdeka.com - Pada momentum Iduladha 1443 Hijriah, Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) mendistribusikan 3.115 hewan kurban ke berbagai daerah di Jawa Timur.

Ribuan hewan kurban dari kaum muslimin itu didistribusikan hingga daerah pedalaman Jawa Timur pada Senin (11/7/2022).

Lokasi penyaluran Baznas BMH tersebar mulai ujung barat Jawa Timur yakni Kampung Samin di Kabupaten Bojonegoro hingga daerah paling timur yakni Pulau Kangean Kabupaten Sumenep.

2 dari 3 halaman

Hewan Kurban Diangkut Perahu

laznas bhm salurkan ribuan hewan ternak hingga pelosok jatim

©2022 Merdeka.com/Dok. Laznas BMH

Kepala Divisi Program dan Pemberdayaan BMH Jawa Timur Imam Muslim menceritakan pengalaman timnya menyalurkan hewan kurban ke pulau terluar Jawa Timur. 

"Tim Laznas BMH harus menyisir daerah terluar di Pulau Kangean, Sumenep. Memastikan hewan kurban sampai kepada penerima manfaat di lokasi yang membutuhkan,” tutur Muslim dalam rilis pers yang diterima Merdeka, Senin. 

Dia menambahkan, hewan kurban yang diamanahkan melalui Laznas BMH benar-benar dinantikan oleh warga Pulau Kangean untuk bisa dinikmati bersama dalam momentum Iduladha 2022 ini. Hal itu membuat tim Laznas BMH bekerja secara totalitas.

Salah satu tokoh agama di Pulau Kangean, Sumardi mengungkapkan kebahagiannya karena Laznas BMH menyalurkan hewan kurban ke daerahnya. Tim Laznas BMH sendiri menggunakan moda transportasi perahu untuk mengangkut hewan-hewan kurban menuju Pulau Kangean. 

"Kami sangat bersyukur tahun ini ada kurban dari BMH, karena lokasi kami jauh dari kota dan harus menempuh perjalanan sulit. Luar biasa temen-temen BMH bisa menyalurkan kurban hingga sini dengan perahu,” ujarnya. 

3 dari 3 halaman

Laznas BMH

laznas bhm salurkan ribuan hewan ternak hingga pelosok jatim
©2022 Merdeka.com/Dok. Laznas BMH

Sebagai informasi, pada momentum Iduladha 2022 Laznas BMH telah menyalurkan hewan kurban ke 29 kabupaten dan 9 kota di Provinsi Jawa Timur. 

Rinciannya, hewan-hewan kurban tersebut diserahkan ke 74 desa yang mengalami krisis air, 201 desa binaan di pelosok, 89 pesantren dan panti asuhan serta 43 rumah quran. 

Dalam keterangan pers tertulis, Laznas BMH menyatakan sebanyak 184.457 jiwa telah merasakan manfaat dari kurban lembaga amil zakat yang bersangkutan.

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini