Pelabuhan Indonesia III Siap Jadi RS Khusus Pasien COVID-19, Ini 3 Fakta Terbarunya

Kamis, 9 April 2020 14:14 Reporter : Rizka Nur Laily M
Pelabuhan Indonesia III Siap Jadi RS Khusus Pasien COVID-19, Ini 3 Fakta Terbarunya Pelindo III Surabaya. ©2020 Merdeka.com/liputan6.com

Merdeka.com - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III siap menjadi Rumah Sakit Khusus COVID-19. Dikarenakan penyebaran virus Corona jenis baru itu sudah cukup mengkhawatirkan. Pelindo siap ubah terminal penumpang kapal laut jadi rumah sakit yang akan menangani pasien COVID-19.

Dikutip dari Antara, keputusan untuk menjadikan pelabuhan sebagai Rumah Sakit COVID-19 merupakan konstribusi nyata Pelindo untuk warga negara Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung di Surabaya (8/4).

1 dari 3 halaman

Kekuatan Gotong Royong

ilustrasi alat pelindung diri

2020 Merdeka.com/safetysign.co.id


Doso Agung berharap, Rumah Sakit khusus COVID-19 itu bisa membantu menekan angka penyebaran COVID-19 di Indonesia. Ia juga menjelaskan bahwasanya kekuatan gotong-royong antara korporasi dan masyarakat bisa berkontribusi besar untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Pelindo III bekerjasama dengan Kementerian BUMN dan swasta juga telah bergerak untuk membantu penanggulangan penyebaran COVID-19. Kerjasama itu diwujudkan dalam beberapa program. Salah satunya ialah pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis, sebagaimana dikutip dari Antara.

2 dari 3 halaman

Kamar Hotel Gratis untuk Pekerja Medis

ilustrasi kamar hotel

Pixabay

Di Surabaya, Pelindo III bekerja sama dengan sebuah hotel untuk memberikan fasilitas kamar lengkap dengan semua akomodasi secara gratis kepada para pekerja medis. Hal ini lantaran tidak jarang mereka ditolak warga sekitar tempat tinggalnya karena ditakutkan akan menularkan virus Corona.

Selain itu, kerjasama antara Pelindo III, Kementerian BUMN, dan pihak swasta dalam penanganan COVID-19 juga direalisasikan dalam pembangunan ruangan rehabilitasi, ruangan isolasi di rumah sakit rujukan, pembentukan Satgas COVID-19 di Provinsi Bali, pengadaan alat tes cepat atau rapid test, bantuan sarana cuci tangan di tempat umum, masker, serta cairan pencuci tangan.

3 dari 3 halaman

Jamin Kelancaran Logistik

pelindo iii surabaya

2020 Merdeka.com/liputan6.com

Dikutip dari Antara, sebelumnya Pelindo III juga sudah melakukan pencegahan dan penanggulangan COVID-19 di internal maupun eksternal perusahaan. Misalnya penerapan jaga jarak fisik di area pelabuhan dan perkantoran, penyediaan bilik steril dan cairan pembersih tangan, pengecekan suhu tubuh, pemberian vaksin influenza hingga pembagian minuman herbal gratis untuk para pegawainya.

Selain itu, Doso Agung menjelaskan bahwa pihak Pelindo III menjamin kelancaran logistik 24 jam penuh selama pandemi COVID-19 berlangsung.

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini