Pabrik Sirup Tertua di Indonesia Ini Masih Beroperasi, Tampilannya Curi Perhatian

Kamis, 30 Juni 2022 12:29 Reporter : Rizka Nur Laily M
Pabrik Sirup Tertua di Indonesia Ini Masih Beroperasi, Tampilannya Curi Perhatian Siropen Telasih Surabaya, sirup tertua di Indonesia. ©2022 Merdeka.com/Dok. Pemkot Surabaya

Merdeka.com - Pabrik sirup tertua di Indonesia rupanya ada di Kota Surabaya, namanya Pabrik Limoen J.C. van DRONGELEN & HELLFACH. Pabrik ini merupakan peninggalan kebudayaan Belanda yang hingga kini masih dilestarikan.

Produk Pabrik Limoen J.C. van DRONGELEN & HELLFACH yang masih diproduksi hingga kini adalah Siropen Telasih. Produk sirup ini menjadi sirup tertua di Indonesia.

Pabrik Limoen J.C. van DRONGELEN & HELLFACH merupakan pabrik rumahan yang didirikan oleh J.C Van Drongelen pada tahun 1923.

2 dari 4 halaman

Bangunan Cagar Budaya

siropen telasih surabaya sirup tertua di indonesia

©2022 Merdeka.com/Dok. Pemkot Surabaya

Pada tahun 1942, pabrik sirup tertua di Kota Surabaya itu diambil alih oleh penjajah Jepang. Namun, tak lama setelah penjajah Jepang menyerah tanpa syarat, pabrik ini diambil alih oleh tentara Sekutu. 

Pabrik Limoen J.C. van DRONGELEN & HELLFACH berhasil jatuh ke tangan Indonesia pada tahun 1958 karena adanya program nasionalisasi. Selanjutnya, pada Maret 2015, pabrik rumahan ini resmi menjadi bangunan cagar budaya Kota Surabaya. 

Quality control Siropen Telasih, Dewi menjelaskan, di era teknologi yang serba canggih, pabrik sirup ini masih menggunakan metode tradisional seperti pertama kali didirikan. Tidak ada teknologi canggih sama sekali yang digunakan dalam proses produksi sirup. 

“Kita masih menggunakan cara yang sama tanpa bantuan mesin. Di sisi lain karena kita sudah menjadi cagar budaya Surabaya, jadi mempertahankan kontemporernya dan konvensionalnya,” ujarnya, dikutip dari laman resmi Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

3 dari 4 halaman

Sirup Bertahan Tiga Tahun

siropen telasih surabaya sirup tertua di indonesia
©2022 Merdeka.com/Dok. Pemkot Surabaya

Selain diproduksi dengan cara manual dan tanpa menggunakan bahan pengawet, Siropen Telasih bisa bertahan hingga tiga tahun. 

“Kita tidak menggunakan pengawet, pengental, maupun pemanis. Kita mempertahankan cita rasa sirup zaman dulu,” jelas Dewi.

Bahkan, guci yang digunakan untuk menampung sirup masak merupakan guci yang digunakan sejak tahun 1923. Dalam sehari, pabrik sirup ini bisa menghasilkan 10 ribu botol dengan lima macam rasa. 

4 dari 4 halaman

Tidak Pasang Iklan

siropen telasih surabaya sirup tertua di indonesia
©2022 Merdeka.com/Dok. Pemkot Surabaya

Para wisatawan yang ingin membeli Siropen Telasih bisa datang langsung ke pabriknya di Jalan Mliwis Nomor 5 Surabaya. Setiap botol Siropen Telasih dibanderol dengan harga mulai Rp22 ribu hingga Rp95 ribu. 

Siropen Telasih yang sehari mampu menghasilkan 10 ribu botol itu, memiliki 5 macam rasa dengan harga mulai Rp 22 ribu hingga Rp 95 ribu. Jika ingin membeli bisa datang langsung ke pabriknya 

Sementara itu, meskipun tidak memasang iklan di stasiun TV, ketenaran Siropen Telasih sudah tersohor hingga luar pulau. 

“Jadi kita promosinya lebih mulut ke mulut aja, seringnya pelanggan dari luar kota datang pas cari oleh-oleh khas Surabaya,” imbuhnya.

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini