Mengenal Penyebab Leukemia pada Anak Serta Gejalanya, Jangan Anggap Sepele

Selasa, 20 Oktober 2020 15:05 Reporter : Edelweis Lararenjana
Mengenal Penyebab Leukemia pada Anak Serta Gejalanya, Jangan Anggap Sepele ilustrasi leukimia. ©2018 Kids Cancer Care

Merdeka.com - Penyebab leukemia pada anak secara pasti masih belum diketahui. Kebanyakan anak dengan leukemia tidak memiliki faktor risiko yang diketahui. Mengutip dari cancer.org, para ilmuwan telah mempelajari bahwa perubahan tertentu pada DNA di dalam sel sumsum tulang normal dapat menyebabkannya tumbuh di luar kendali dan menjadi sel leukemia.

DNA adalah bahan kimia dalam sel yang membentuk gen, yang mengontrol bagaimana sel tubuh berfungsi. Beberapa gen mengontrol kapan sel kita tumbuh, membelah menjadi sel baru, dan mati pada saat yang tepat.

Gen yang membantu sel tumbuh, membelah, atau tetap hidup disebut onkogen. Gen yang membantu menjaga pembelahan sel tetap terkendali atau menyebabkan sel mati pada waktu yang tepat disebut gen penekan tumor.

Kanker dapat disebabkan oleh mutasi DNA (atau jenis perubahan lain) yang membuat onkogen tetap aktif atau yang mematikan gen penekan tumor. Perubahan gen ini dapat diwariskan dari orang tua (seperti yang terkadang terjadi pada leukimia masa kanak-kanak), atau mungkin terjadi secara acak selama hidup seseorang jika sel-sel di dalam tubuh membuat kesalahan saat membelah untuk membuat sel baru.

Jenis umum dari perubahan DNA yang dapat menyebabkan leukemia dikenal sebagai translokasi kromosom. DNA manusia dikemas menjadi 23 pasang kromosom. Dalam translokasi, DNA dari satu kromosom putus dan melekat pada kromosom yang berbeda. Titik pada kromosom tempat terjadinya kerusakan dapat memengaruhi onkogen atau gen penekan tumor.

Pada artikel ini, merdeka.com akan memberikan gambaran umum tentang leukemia seperti pengertian dan penyebab leukemia pada anak, jenis dan gejalanya, serta cara mengobatinya, mengutip dari Mayo Clinic dan cancer.org.

Baca Selanjutnya: Pengertian Leukemia...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini